Misteri Batu Altar Stonehenge Seberat 6 Ton Akhirnya Terungkap

Kamis, 15 Agustus 2024 - 11:44 WIB
loading...
A A A
Jadi bagaimana batu seberat 6 ton ini bisa sampai dari Skotlandia ke Stonehenge? Clarke dan rekan-rekannya mengatakan terlalu sulit untuk mengangkut Batu Altar melalui darat, mengingat hambatan topografi. Mereka meyakini batu ini mungkin telah diangkut melalui laut.

Namun, arkeolog Mike Pitts, tidak setuju dan mengatakan bahwa transportasi darat lebih mungkin dan meski memakan waktu bertahun-tahun. "Jika meletakkan batu di kapal laut, tidak hanya berisiko kehilangan batu tersebut, tetapi juga tidak ada yang bisa melihatnya," katanya. Dia berpikir transportasi darat "sangat mungkin dilakukan dengan teknologi Neolitik."

Bagaimanapun, penemuan terbaru ini memiliki beberapa implikasi menarik untuk tingkat organisasi masyarakat di wilayah ini selama periode Neolitik, menunjukkan bahwa konstruksi Stonehenge adalah usaha kolaboratif yang jauh lebih besar dan Inggris Neolitik jauh lebih terhubung dan maju—daripada yang diperkirakan sebelumnya.

"Selama ini telah diketahui bahwa bluestones berasal dari Wales, tetapi ini mengidentifikasi hubungan dengan bagian Britania yang sangat berbeda, dan secara signifikan lebih jauh dari Stonehenge," kata Pitts.

"Jadi ini menunjukkan bahwa situs tersebut dikenal tidak hanya oleh orang-orang di selatan, tetapi di wilayah yang jauh lebih luas. Dan itu membuka saran untuk seluruh cara kita memikirkan Inggris Neolitik."
(msf)
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1342 seconds (0.1#10.140)