Sampah Mikroplastik di Dasar Laut Dua Kali Lipat Jumlah Sampah di Permukaan Laut

Minggu, 11 Oktober 2020 - 16:39 WIB
loading...
A A A
Dalam sampel tersebut, satu gram sedimen dasar laut menampung sebanyak 14 partikel plastik. Berdasarkan jumlah rata-rata partikel dalam sampel dan ukuran lautan -yang mencakup 139,4 juta mil persegi, atau 361,1 juta km persegi- para ilmuwan menghitung bahwa jumlah total mikroplastik global di dasar laut adalah antara 9 juta dan 15 juta ton (8 juta dan 14 juta metrik ton).

"Namun, jumlah mikroplastik lautan di seluruh dunia bisa dengan mudah jauh lebih tinggi," ujar Hardesty. (Baca juga: Komplotan Penjahat Ganjal ATM Digulung Polrestabes Bandung, 2 Pelaku Ditembak )

Kepadatan partikel dari Great Australian Bight kemungkinan lebih rendah daripada di wilayah laut yang lebih dekat ke wilayah pesisir yang padat penduduk. Dan mikrofiber plastik, sumber lain pencemaran mikroplastik laut, dihilangkan dari analisis, jika serat yang mereka temukan di inti sedimen diperkenalkan oleh pakaian atau kain lain setelah sampel dikumpulkan.

"Kami tidak berharap memiliki tingkat mikroplastik yang tercatat setinggi itu, terutama mengingat betapa berhati-hati pendekatan pengambilan sampel kami," kata Hardesty. "Oleh karena itu, hasil kami adalah perkiraan konservatif tentang berapa banyak mikroplastik yang ada di sedimen laut dalam."

Dampak dari pencemaran plastik yang lebih besar pada kehidupan laut dan kesehatan ekosistem semuanya terlalu jelas, terlihat pada petak-petak sampah besar yang terkumpul di permukaan laut. Ini sebagai lapisan pantai pulau yang melapisi "plasitcrusts" yang mengeras, sebagai jerat mematikan yang mencekik hiu dan pari. Juga sebagai mengisi perut penyu dan paus yang ditemukan mati.

"Temuan ini menyoroti tingkat polusi plastik, dan menunjukkan bahwa tidak ada wilayah laut yang kebal terhadap masalah plastik. Kami berharap pekerjaan ini membuat orang-orang berpikir tentang pilihan yang kita buat, dampak dari apa yang kita buat, beli, gunakan, dan buang dan di mana itu bisa berakhir," harap Hardesty.

"Mudah-mudahan, orang-orang mulai melihat hubungan antara apa yang kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari dan seberapa jauh jangkauan dampaknya terhadap apa yang dianggap ekosistem paling murni di dunia," pungkasnya.

Penemuan ini sendiri telah dipublikasikan secara online pada 6 Oktober 2020 di jurnal Frontiers in Marine Science. (Baca juga: Samsung Akhirnya Ungkap Spesifikasi Lengkap Galaxy A42 5G )
(iqb)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1602 seconds (0.1#10.140)