Mungkinkah Kita Bisa Menyentuh Benda Padat dalam Realitas Virtual?

Minggu, 10 Mei 2020 - 06:24 WIB
loading...
A A A
"Perangkat yang dipikul bahu ini memanfaatkan string pegas untuk mengurangi berat beban, mengonsumsi lebih sedikit daya baterai, dan menjaga biaya tetap rendah," kata Cathy Fang, yang lulus dari MCU bulan ini dengan gelar gabungan di bidang teknik mesin dan interaksi manusia-komputer.

Fang menambahkan bahwa pengalaman menggunakan multistring memberikan kejutan tersendiri bagi dirinya. Dia seperti dapat berinteraksi dengan pagar dan menggenggamkan jari disekitarnya.

"Menyenangkan juga mengeksplorasi nuansa benda tidak beraturan seperti patung," cerita Fang dengan ungkapan kegembiraan.

Hasil penelitian ini membawa mereka meraih salah satu penghargaan bergengsi tahun 2020. Makalah penelitian tim dinobatkan sebagai makalah terbaik oleh Konferensi Faktor Manusia dalam Sistem Komputasi (CHI 2020), yang dijadwalkan untuk bulan ini tetapi dibatalkan karena pandemik COVID-19.

Penelitian tentang string untuk VR bukan hanya dilakukan oleh Harrison dan kawan-kawan. Peneliti lain juga menggunakan string untuk membuat umpan balik haptic di dunia virtual.

Meski demikian, ada perbedaan yang mencolok di antara dua penelitian tersebut. Peneliti lain biasanya menggunakan motor untuk mengontrol string, sedangkan para peneliti di CMU tidak menggunakan motor.

Para peneliti di CMU beralasan, motor hanya akan menambah beban penggunanya. Mereka membayangkan sistem yang cukup ringan untuk dikenakan oleh pengguna dan terjangkau bagi konsumen.

"Kelemahan dari motor adalah mereka mengkonsumsi banyak daya dan itu juga berat," kilah Fang.

Diumpamakan seperti motor, tim menggunakan retraktor bermuatan pegas (bukan motor) untuk menjaga senar kencang. Ini mirip dengan yang terlihat di gantungan kunci atau lencana ID.

Mereka menambahkan mekanisme ratchet yang dapat dikunci dengan cepat dan kait yang dikendalikan secara elektrik. Tim hanya memerlukan daya listrik kecil untuk mengaitkan string sehingga sistem akan hemat energi dan dapat dioperasikan dengan daya baterai.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1601 seconds (0.1#10.140)