Uji Coba Vaksin Sinovac di Brasil Diklaim Efektif 50%

Rabu, 23 Desember 2020 - 15:05 WIB
loading...
Uji Coba Vaksin Sinovac di Brasil Diklaim Efektif 50%
Ilustrasi uji coba vaksin Corona. FOTO/ IST
A A A
SAN PAULO - Uji coba tahap akhir vaksin Sinovac di Brasil dinyatakan efektif. Pembuktian ini dilakukan oleh Institut Butantan, Sao Paulo, Brasil, berdasarkan laporan setiap hasil yang disuntikan dari vaksin tersebut. BACA JUGA - Sinovac Dibeli Indonesia, China Borong Vaksin COVID-19 Buatan Jerman dan Inggris

Berdasarkan laporan Wall Street Journal, yang dikutip dari Reuters, Rabu (23/12/2020), uji coba CoronaVac di Brasil berada di atas ambang batas 50%, sehingga oleh ilmuwan internasional dianggap perlu digunakan untuk melindungi manusia. BACA JUGA- 1,2 Juta Dosis Diborong Indonesia, Riset Sebut Imunitas Vaksin Sinovac Terendah

Brasil adalah negara pertama yang menyelesaikan uji coba tahap akhir CoronaVac. Vaksin buatan China tersebut saat ini juga sedang diuji di Indonesia dan Turki.

Pada pekan lalu, Menteri Kesehatan Brasil, menyampaikan, vaksin Sinovac dan AstraZeneca kemungkinan besar siap digunakan di Brasil, mulai pertengahan Februari tahun depan.

Sementara itu, sejumlah ilmuwan mengharapkan kemanjuran vaksin yang diuji coba saat ini bisa sebanding dengan vaksin lainnya, dengan efektifitas hingga 95%. Vaksin buatan Pfizer dan Moderna belum lama ini membuktikan pencapaian tersebut.

"Semua orang berharap tingkat kemanjuran vaksin bosa di atas 90%," kata Domingos Alves, seorang profesor di Sekolah Kedokteran Ribeirao Preto, Sao Paulo.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1390 seconds (0.1#10.140)