Rabu, 06 Januari 2021 - 12:28 WIB
Bumi memperoleh "minimoon" baru pada 2020, salah satu dari beberapa objek yang ditemui planet di ruang angkasa dari waktu ke waktu yang berakhir di orbit di sekitar planet kita. Tetapi pemeriksaan lebih dekat oleh pengamat ruang angkasa amatir dan profesional mengungkapkan bahwa minimoon ini sama sekali bukan objek alami, melainkan pendorong roket yang diluncurkan NASA pada 1960-an.

4. Lingkaran Radio Hantu
9 Penemuan Luar Angkasa Keren yang Mungkin Anda Lewatkan di Tahun 2020

ORC1 hantu dengan latar belakang galaksi pada panjang gelombang optik. Ada galaksi oranye di pusat ORC, tapi kita tidak tahu apakah itu bagian dari ORC, atau hanya kebetulan saja. Foto: Barbel Koribalski, berdasarkan data ASKAP

Ilmuwan sering menemukan benda-benda di luar angkasa yang terlihat seperti gumpalan kabur. Tetapi lingkaran radio aneh yang baru ditemukan (ORC), yang ditemukan pada 2019 dan dilaporkan pada 2020, adalah sesuatu yang istimewa.

Gumpalan bundar, terlihat dalam data teleskop radio, tidak terlihat seperti objek yang dikenal. Mereka bukanlah sisa-sisa supernova, atau efek optik yang dikenal sebagai cincin Einstein. Beberapa ilmuwan bahkan berpendapat bahwa itu mungkin tenggorokan lubang cacing. Tapi tidak ada yang benar-benar tahu apa yang baru ditemukan ini.

5. Sejuta Galaksi Baru
9 Penemuan Luar Angkasa Keren yang Mungkin Anda Lewatkan di Tahun 2020

The Australian Square Kilometer Array Pathfinder (ASKAP). Foto: Alex Cherney/CSIRO

Sebuah teleskop radio di pedalaman Australia memetakan 83% alam semesta yang dapat diamati selama 300 jam pengamatan. Dan itu mengungkapkan banyak sekali data: 3 juta galaksi, satu juta penuh di antaranya belum pernah terlihat sebelumnya.

Australian Square Kilometer Array Pathfinder (ASKAP) mengandalkan 36 antena untuk merekam langit. Tetapi ini adalah pertama kalinya ke-36 antena tersebut digunakan sekaligus untuk satu proyek.

6. Sedikit Kehidupan di Venus?
9 Penemuan Luar Angkasa Keren yang Mungkin Anda Lewatkan di Tahun 2020

NASA mengambil gambar Venus ini menggunakan wahana Mariner 10 selama penerbangannya pada 1974. Foto: NASA

Venus mungkin merupakan tempat paling tidak ramah di tata surya, dengan awan asam bergolak dan suhu yang mengerikan. Itulah sebabnya para astronom bersiap-siap untuk mencari fosfin, gas berbau yang dianggap kemungkinan tanda kehidupan di planet asing, terlebih dahulu melatih teleskop pemburu fosfin mereka di Venus: Mereka menginginkan gambar referensi dari dunia yang pasti sudah mati. Namun secara mengejutkan, mereka menemukan senyawa tersebut di awan Venus.

Namun, peneliti lain mendesak agar berhati-hati sebelum menyatakan bahwa memang ada kehidupan di Venus.