9 Penemuan Luar Angkasa Keren yang Mungkin Anda Lewatkan di Tahun 2020

Rabu, 06 Januari 2021 - 12:28 WIB
loading...
A A A
7. Magnetar yang Baru Lahir
9 Penemuan Luar Angkasa Keren yang Mungkin Anda Lewatkan di Tahun 2020

Gambar Teleskop Luar Angkasa Hubble menunjukkan bagian langit di mana pola cahaya yang tidak biasa berasal, yang menunjukkan kelahiran magnetar. Foto: Teleskop Luar Angkasa Hubble/NASA

Pada 12 November, para peneliti mendeteksi kilonova terang, pertunjukan cahaya setelah dua bintang neutron bergabung bersama. Kilonova jarang ditemukan di luar angkasa, tetapi para peneliti telah melihatnya sebelumnya. Namun yang satu ini istimewa: Sinyal aneh dalam lampu kilonova menunjukkan adanya sesuatu yang baru. Para peneliti yang mempelajari peristiwa tersebut menawarkan beberapa kemungkinan, tetapi mengatakan yang paling mungkin adalah magnetar yang baru lahir: bintang neutron super-magnetik besar yang terbentuk selama tabrakan.

8. Sumber Ldakan Radio yang Cepat
9 Penemuan Luar Angkasa Keren yang Mungkin Anda Lewatkan di Tahun 2020

Magnetar adalah bintang neutron padat dengan medan magnet yang sangat kuat. Dalam ilustrasi ini, magnetar memancarkan ledakan radiasi. Foto: Sophia Dagnello, NRAO/AUI/NSF

Magnetar juga bertanggung jawab atas kilatan cahaya paling terang di ruang angkasa. "Semburan radio cepat" ini telah membingungkan para astronom selama bertahun-tahun, mengemas energi yang dipancarkan Matahari dalam beberapa hari hanya dalam milidetik.

Sebagian besar tampaknya berasal dari jauh di luar Bima Sakti, tetapi pada 2020 para peneliti melaporkan FRB yang berasal dari galaksi asal kita, hanya 30.000 tahun cahaya dari Bumi. Dan yang ini memiliki titik asal yang diketahui: magnetar. Apakah itu berarti semua semburan tersebut berasal dari magnetar? Tidak ada yang yakin.

9. Alien yang Mungkin Bisa Melihat Kita
9 Penemuan Luar Angkasa Keren yang Mungkin Anda Lewatkan di Tahun 2020

Foto: NASA/NOAA

Para astronom mendeteksi planet asing dengan melihatnya lewat di antara Bumi dan bintangnya. Suatu hari nanti mereka bahkan mungkin mempelajari atmosfer dengan mengamati bagaimana cahaya bintang bersinar.

Tapi itu hanya berlaku untuk planet dengan orbit yang sejajar untuk menempatkannya di antara Bumi dan bintang asalnya. Planet yang tidak berbaris seperti itu kebanyakan tidak terlihat oleh teknologi teleskop saat ini.

Pada 2020, para peneliti bertanya sistem bintang mana yang memiliki sudut pandang menguntungkan di Bumi yang memungkinkan mereka melihat planet kecil dengan atmosfer yang penuh dengan tanda-tanda kehidupan. Mereka mengidentifikasi 1.004 sistem bintang yang mampu melihat Bumi dalam 326 tahun cahaya.

Satu bintang yang berjarak 12 tahun cahaya dari Bumi telah mengenal eksoplanet. Ini akan memiliki sudut pandang yang tepat untuk melihat Bumi saat bergerak ke posisinya pada 2044. (Baca juga: Akhirnya, Mendikbud Nadiem Pastikan Formasi CPNS Guru akan Tetap Ada )
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1178 seconds (0.1#10.140)