Punya Bukti Kuat, Astrofisikawan Harvard Percaya Alien Cerdas Kunjungi Bumi

Jum'at, 08 Januari 2021 - 23:13 WIB
loading...
A A A
Loeb mengatakan kepada Live Science, dia telah diejek karena pendiriannya tentang 'Oumuamua, menunjuk ke sebuah artikel tentang bukunya yang diterbitkan 4 Januari di Boston Globe. Ada dua kritik, termasuk yang menyarankan bahwa ide-ide Loeb berisiko membuat astrofisikawan tampak seperti "orang gila".

"Sebaliknya mereka mendapatkan hadiah atau penghargaan," kata Loeb, sementara para peneliti muda diperingatkan untuk tidak mempelajari peradaban alien yang maju demi bidang yang tidak terlalu "tabu" yang tidak akan membahayakan karier mereka. Astrobiologi, studi tentang kehidupan di luar angkasa, sekarang dianggap serius sebagai bidang, katanya.

Tetapi uang mengalir untuk berburu kemungkinan tanda-tanda kehidupan mikroba yang tidak mungkin menjadi bukti kehidupan yang pasti -misalnya, perburuan oksigen yang mahal di atmosfer planet ekstrasurya. Bahkan jika oksigen ditemukan, kata Loeb, itu tidak akan membuktikan kehidupan ada di dunia asing, karena proses alam juga menghasilkan oksigen. (Baca juga: Usai Diperiksa 10 Jam, Gisel Terus Mengulang Kata Minta Maaf )
(iqb)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1489 seconds (0.1#10.140)