Bisa Lebih Ganas dari B.1.1.7 , AS Waspadai Virus Corona L452R di California

Kamis, 21 Januari 2021 - 00:51 WIB
loading...
A A A
Para peneliti mengkhawatirkan L452R, karena beberapa mutasinya memengaruhi protein lonjakan virus, kunci yang digunakan virus untuk memasuki sel. Protein lonjakan tersebut menjadi target vaksin virus Corona Pfizer, Moderna, dan AstraZeneca, serta beberapa vaksin menjanjikan yang masih dalam uji coba, termasuk vaksin Novavax dan vaksin Johnson & Johnson. Mutasi pada lonjakan protein dapat membuat varian SARS-CoV-2 tersebut tidak terlalu rentan terhadap vaksin.

"Varian ini membawa tiga mutasi, termasuk L452R, pada protein lonjakan, yang digunakan virus untuk menempel dan memasuki sel, dan merupakan target dari dua vaksin yang saat ini tersedia di Amerika Serikat," kata Charles Chiu, seorang ahli virologi di University of California, San Francisco (UCSF), yang telah melacak varian tersebut.

"Sekarang kami tahu varian ini sedang meningkat di komunitas lokal kami, kami memprioritaskannya untuk dipelajari. Para peneliti di UCSF dan di tempat lain sekarang akan dapat melakukan eksperimen laboratorium penting untuk menentukan apakah virus ini lebih menular atau mempengaruhi atau tidak pada kinerja vaksin," katanya lagi.

Bahkan ketika beberapa orang menerima vaksin virus Corona, varian baru seperti L452R menyoroti mengapa penting untuk menjaga kewaspadaan jarak sosial sampai cukup banyak orang yang divaksinasi untuk memperlambat penyebaran virus, kata Erica Pan, pejabat kesehatan negara bagian untuk Departemen Kesehatan Masyarakat California.

"Terlalu dini untuk mengetahui apakah varian ini akan menyebar lebih cepat daripada yang lain, tetapi hal itu tentunya memperkuat kebutuhan semua warga California untuk memakai masker dan mengurangi percampuran dengan orang-orang di luar rumah tangga terdekat mereka untuk membantu memperlambat penyebaran virus," kata Pan dalam sebuah pernyataannya seraya mendesak siapa pun yang telah terpapar virus untuk mengisolasi dari orang lain guna melindungi diri mereka sendiri dan orang yang mereka cintai. Baca juga: Ahsan/Hendra Bangga Bisa Menang dalam Kondisi Cedera
(iqb)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3006 seconds (0.1#10.140)