Patung Tanpa Kepala dari Abad ke-4 SM Ditemukan di Pemakaman Yunani Kuno

Jum'at, 29 Januari 2021 - 07:37 WIB
loading...
Patung Tanpa Kepala dari Abad ke-4 SM Ditemukan di Pemakaman Yunani Kuno
Dua patung tanpa kepala yang ditemukan di situs pemakaman Yunani kuno menggambarkan seorang wanita dalam posisi duduk dan budaknya. Foto/Kementerian Kebudayaan dan Olahraga Yunani
A A A
ATHENA - Dua patung tanpa kepala ditemukan di Paiania Timur, Athena, Yunani. Patung tersebut diduga merupakan ornamen pemakaman yang biasa dilakukan pada pemakaman di zaman sebelum masehi (SM).

Dalam sebuah pernyataan yang dilansir Live Science, kedua patung yang berasal dari abad keempat SM, adalah pecahan dari monumen marmer putih yang ditemukan sebelum pembangunan balai kota di Paiania, timur Athena. (Baca: Areal Pemakaman dan Harta Karun Nenek Moyang Orang Inggris DItemukan)

Patung-patung itu menggambarkan wanita yang meninggal duduk di kursi berornamen , sementara budaknya yang juga seorang wanita. Monumen itu menandai kuburan wanita tak dikenal.

Monumen kuburan marmer adalah ciri khas penanda kuburan dari abad keempat SM. Contoh serupa ditemukan di Kuil Suci Agia Paraskevi di Markopoulo Mesogaias dan pemakaman Kerameikos di Athena.

Olga Palagia, seorang profesor arkeologi klasik di Universitas Nasional dan Kapodistrian Athena mengatakan, monumen kuburan yang khas pada masa itu menggambarkan pertemuan keluarga atau tuan dan nyonya yang meninggal dengan budak mereka. Sementara batu nisan anak-anak menunjukkan mereka ditemani oleh hewan peliharaan mereka. (Baca juga: Bayi Dinosaurus Ternyata Sudah 'Siap Berburu' Sejak Lahir)

Monumen pemakaman mewah seperti ini dilarang pada 317 SM oleh gubernur Athena pada saat itu, Demetrios dari Phaleron. Selanjutnya monumen itu dibawa ke Museum Arkeologi Brauron Yunani untuk pemeliharaan dan pengamanan.
(ysw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1623 seconds (0.1#10.140)