Perseverance, Sang Penjelajah NASA Sudah dalam Jangkauan ke Planet Mars

Sabtu, 30 Januari 2021 - 07:09 WIB
loading...
A A A
Perseverance tidak dapat melakukan semua pekerjaan ini, tentu saja, kecuali jika mendarat dengan selamat pada 18 Februari. Robot akan turun menggunakan strategi "sky crane" dramatis sama yang digunakan oleh pendahulunya, penjelajah Curiosity, pada Agustus 2012. Dan Mars 2020 akan menikmati beberapa kemajuan atas Curiosity dalam hal ini -khususnya, teknologi "pemicu jangkauan" dan "navigasi relatif medan", yang akan memungkinkan Ketekunan untuk mendarat lebih tepat daripada Curiosity.

Tapi, dengan berat 1.025 kg, Perseverance sedikit lebih berat daripada Curiosity -lebih berat, sebenarnya, daripada muatan apa pun yang pernah mendarat di Mars. Dan Jezero penuh dengan bahaya seperti tebing dan batu besar.

"Saya rasa saya tidak melebih-lebihkan ketika saya mengatakan bahwa masuk, turun, dan mendarat adalah bagian paling kritis dan paling berbahaya dari sebuah misi," ungkap Allen Chen, pemimpin entri, penurunan, dan pendaratan Mars 2020 di Jet Propulsion Laboratory NASA di California Selatan, katanya selama konferensi pers hari Rabu.

"Sukses tidak pernah terjamin," kata Chen. "Ketika kami mencoba mendaratkan penjelajah terbesar, terberat dan paling rumit yang pernah kami buat di situs paling berbahaya yang pernah kami coba untuk mendarat."
(iqb)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1595 seconds (0.1#10.140)