Thailand Surganya Kehidupan Dinosaurus, Bagaimana dengan Indonesia?

Rabu, 17 Februari 2021 - 22:21 WIB
Sejak fosil dinosaurus ditemukan pertama kali pada awal abad ke-19, rangkaian kerangka dinosaurus telah menjadi atraksi utama di berbagai museum di seluruh dunia, dan dinosaurus juga telah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari kebudayaan dunia. Ukurannya yang besar serta sifatnya yang dianggap buas dan mengerikan telah menyebabkan munculnya buku-buku dan film-film laris yang mengisahkan mengenai dinosaurus, misalnya Jurassic Park.
Thailand Surganya Kehidupan Dinosaurus, Bagaimana dengan Indonesia?

Tingginya antusiasme publik terhadap Dinosaurus menyebabkan meningkatnya aliran dana untuk membiayai penelitian dinosaurus. Penemuan-penemuan terbarunya secara teratur juga selalu diliput oleh media.

Dinosaurus Pernah Hidup di Indonesia?
Di antara negara ASEAN, ternyata hanya Thailand yang beruntung menjadi tujuan arkeolog untuk berburu fosil Dinosaurus. Di Negeri Gajah Putih ini pernah hidup Isanosaurus, Kinnareemimus, Ratchasimasaurus, dan Siamraptor.

Sementara itu, selama ini belum ada temuan fosil Dinosaurus di Tanah Air. Kenapa bisa begitu? Secara ilmiah Museum Geologi Bandung memperlihatkan fakta mengapa di wilayah Nusantara yang luas tidak ditemukan tanda kehidupan Dinosaurus.

Seperti dijelaskan di atas, Dinosaurus muncul pada periode Trias atau 230 juta tahun lalu. Mereka mendominasi selama 135 juta tahun. Atau sejak periode Jura hingga berakhirnya periode Kapur.

Sementara berdasarkan kajian geologi, Kepulauan Nusantara baru terbentuk setelah Dinosaurus punah, sekitar 65 juta tahun lalu. Karena fakta inilah kemungkinan besar fosil dinosaurus sampai sekarang belum ditemukan di Indonesia.