10 Temuan Jenius yang Disesali Sang Penemunya hingga Kini

Sabtu, 27 Februari 2021 - 17:32 WIB
loading...
A A A
10 Temuan Jenius yang Disesali Sang Penemunya hingga Kini


Hari Ibu dirayakan oleh berbagai negara di dunia. Di Indonesia, warga memperingatinya setiap 22 Desember. Sementara, penduduk di Amerika Serikat merayakan Hari Ibu setiap 12 Mei. Laporan CNN menyebutkan, banyak warga AS yang membenci komersialisasi perayaan Hari Ibu.

Ternyata kekecewaan semacam itu pernah dirasakan pencetus hari libur nasional tersebut, Anna Jarvis. Dia menyatakan penyesalannya mendorong lahirnya Hari Ibu karena dalam praktiknya saat ini lebih banyak diwarnai hal-hal yang bersifat komersial. Padahal sebelum meninggal dunia, Jarvis hanya ingin menghormati ibunya, Ann Reeves Harvis, sesuatu yang mengilhaminya mengusulkan adanya Hari Ibu di AS.

Pada 1914, Presiden AS Woodrow Wilson menandatangani undang-undang yang mengakui Hari Ibu yang diusulkan Jarvis sebagai hari libur nasional. Namun, Hari Ibu ternyata menjadi jauh lebih populer dari yang dia bayangkan. Jarvis tidak tahan dengan gagasan warga menghabiskan banyak uang untuk membeli bunga mewah, kartu ucapan, dan cokelat mahal.

6. Dinamit

10 Temuan Jenius yang Disesali Sang Penemunya hingga Kini


Nama Alfred Nobel saat ini dikait-kaitkan dengan penghargaan paling prestisius di bidang ilmu pengetahuan, teknologi, dan perdamaian. Nama penghargaan tersebut memang dibuat untuk menghormati sang penemu dinamit yang menyesal telah menciptakan penemuannya sendiri. Nobel merupakan seorang industrialis dan insinyur yang dulu memutar otak untuk mencari cara meledakkan sebuah batu besar secara efisien.

Pada 1860, dia berhasil mencampurkan bahan nitrogliserin dan silika untuk menciptakan sebuah pasta yang mudah menguap bernama dinamit. Sayangnya, penemuan yang sebenarnya diciptakannya untuk kepentingan publik justru dimanfaatkan untuk membunuh dan menghancurkan. (Baca juga: Negara dengan Kematian Akibat Polusi Paling Banyak, Indonesia di Urutan ke-4)

Nobel pun sangat menyesal dengan penemuannya . Menjelang akhir hayatnya, dia berkomitmen menyumbangkan royaltinya untuk orang orang yang ingin membawa pengaruh positif terhadap dunia, baik itu dalam bidang ilmu pengetahuan maupun perdamaian. Komitmennya inilah yang jadi inspirasi penghargaan Nobel.

7. Senapan AK-47
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1094 seconds (0.1#10.140)