Apa Saja Fenomena Langit yang Akan Muncul Tahun Ini, Yuk Catat Tanggalnya

Sabtu, 27 Februari 2021 - 08:44 WIB
Sedangkan tahun ini ada dua gerhana matahari dan tiga gerhana bulan yang tiga diantaranya akan terlihat jelas di Amerika Utara. Gerhana bulan total akan terjadi pada 26 Mei 2021, paling terlihat oleh orang-orang di Amerika Utara bagian barat dan Hawaii dari pukul 4:46 pagi ET hingga 9:51 pagi ET.

Gerhana matahari annular akan terjadi pada 10 Juni, terlihat di utara dan timur laut Amerika Utara dari 4:12 a.m. ET sampai 9:11 a.m. ET. Tanggal 19 November akan melihat gerhana bulan sebagian, dan pengamat langit di Amerika Utara dan Hawaii akan melihatnya antara jam 1 pagi ET dan 7:06 ET. (Baca juga: Parkers Solar Probe Kirim Foto Planet Venus yang Menakjubkan)

Dan tahun berakhir dengan gerhana matahari total pada tanggal 4 Desember 2021. Gerhana matahari tidak akan terlihat di Amerika Utara, tetapi di Kepulauan Falkland, ujung selatan Afrika, Antartika, dan sebagian Australia.

Menurut kalender The Old Farmer's, astronom akan memiliki banyak kesempatan untuk melihat planet di langit kita selama pagi dan malam tertentu sepanjang tahun 2021. Sebagian besar dapat dilihat dengan mata telanjang, kecuali Neptunus yang harus menggunakan teleskop.

Merkurius akan terlihat seperti bintang terang di langit pagi dari 28 Februari hingga 20 Maret, 27 Juni hingga 16 Juli, dan 18 Oktober hingga 1 November. Merkurius juga akan bersinar di langit malam dari 3 Mei hingga 24 Mei, 31 Agustus hingga 21 September dan 29 November hingga 31 Desember.

Venus, tetangga terdekat Bumi di tata surya, akan muncul di langit barat saat senja pada malam hari tanggal 24 Mei hingga 31 Desember. Ini adalah objek paling terang kedua di langit kita setelah bulan.

Mars juga akan terlihat di langit pagi antara 24 November dan 31 Desember dan akan terlihat di langit malam antara 1 Januari dan 22 Agustus. (Baca juga: Meteorit Seberat 14 Kilogram Ditemukan di Hutan Swedia)

Sedangkan Jupiter akan terlihat di langit pagi antara 17 Februari dan 19 Agustus. Untuk di malam hari pada 20 Agustus hingga 31 Desember - tetapi akan paling cerah dari 8 Agustus hingga 2 September.

Cincin Saturnus hanya terlihat melalui teleskop, tetapi planet itu sendiri masih dapat dilihat dengan mata telanjang pada pagi hari tanggal 10 Februari hingga 1 Agustus dan malam hari tanggal 2 Agustus hingga 31 Desember. Ini akan menjadi yang paling terang antara 1 Agustus hingga 31 Desember. 4.

Teropong atau teleskop akan membantu Anda melihat cahaya kehijauan Uranus pada pagi hari tanggal 16 Mei hingga 3 November dan malam hari tanggal 1 Januari hingga 12 April dan 4 November hingga 31 Desember - tetapi paling terang antara 28 Agustus hingga 31 Desember. (Baca juga: Simpan Benda Angkasa Paling Dicari, Anak Medan Ini Usik Astronom Dunia)