Ini 6 Hewan Aneh yang Tercipta karena Evolusi

Selasa, 29 Juni 2021 - 13:54 WIB
loading...
A A A
Perilaku aneh ini telah membuat spesies tawon ini tetap hidup selama lebih dari 60 juta tahun, menurut sebuah artikel yang diterbitkan pada tahun 2005 di jurnal Proceedings of the Royal Society B.

3. Ikan Berjalan di Meksiko

Ini 6 Hewan Aneh yang Tercipta karena Evolusi


Jika kita berangapan bahwa selama ini ikan hanya bisa berenang di dalam air, ternyata anggapan itu keliru. Ikan berjalan Meksiko (Ambystoma mexicanum), juga disebut axolotl adalah satu-satunya ikan yang memiliki kemampuan berjalan dengan empat kakinya.

Ketika mereka mendekati dasar danau atau kanal, mereka menarik empat kaki dari sisi mereka untuk merangkak di sekitar habitat rawa mereka di Mexico City.

Meskipun mereka terlihat seperti ikan, mereka sebenarnya adalah amfibi. Seringkali amfibi memulai hidup mereka dengan dilengkapi insang sehingga mereka dapat bernapas di bawah air sampai mereka dewasa dan kehilangan insang, siap untuk hidup di darat.

Tapi axolotl menjaga insang remaja mereka dan tetap berada di dalam air – sebuah fenomena yang disebut neoteny, menurut sebuah artikel di jurnal Nature.

Ikan ini memakan serangga kecil, cacing, moluska, dan krustasea. Secara historis, makhluk ini berada di puncak rantai makanan, tetapi spesies ikan invasif seperti ikan nila dan ikan mas membuat populasi mereka berkurang. Kondisi ini diperparah dengan polusi yang ikut mengancam kelangsungan hidup mereka.

4. Kuda Laut Jantan Hamil dan Melahirkan

Wanita tidak selalu harus menanggung beban kehamilan. Menurut Scientific American, untuk kuda laut, pipefish dan naga laut — anggota keluarga ikan Syngnathidae — jantanlah yang hamil.

Kuda laut dan ikan pipa membawa anak-anak mereka ke dalam kantong induk, memasok nutrisi seperti lemak kaya energi melalui jaringan kantong, sementara telur naga laut hanya menempel di bagian luar ekor jantan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1709 seconds (0.1#10.140)