Ini 6 Hewan Aneh yang Tercipta karena Evolusi

Selasa, 29 Juni 2021 - 13:54 WIB
loading...
A A A
Apakah ada manfaat dari pengaturan ini? Karena betina dapat fokus hanya pada pembuatan telur. Menurut National Geographic, kuda laut dapat melahirkan di pagi hari dan hamil lagi pada malam hari. Ini membantu peningkatan jumlah spesies untuk peluang bertahan hidup yang lebih tinggi.

Dengan si jantan yang membawa bayi, betina juga cenderung tidak kehabisan energi. Biasanya, betina mengeluarkan lebih banyak energi untuk menghasilkan telur daripada jantan yang menghasilkan sperma, menurut Oxford Academic. Dengan mengalihkan tugas membawa telur ke pejantan, kebutuhan energi dibagi lebih merata.

5. Pasangan Parasit

Ini 6 Hewan Aneh yang Tercipta karena Evolusi


Anglerfish jantan dan betina sangat bervariasi dalam penampilan sehingga Anda mungkin mengira mereka adalah spesies yang berbeda pada pandangan pertama. Betina hingga 60 kali lebih panjang dan lebih berat daripada pasangan jantan mereka.

Karena itu, ketika para ilmuwan pertama kali mengamati jantan dengan anglerfish betina, mereka mengira bahwa mereka sedang melihat seorang ibu dan anak-anaknya, menurut sebuah artikel yang diterbitkan dalam jurnal American Society of Ichthyologists and Herpetologists.

Gambar anglerfish yang paling umum menunjukkan betina. Sebagian besar ditemukan bersembunyi di kedalaman paling gelap dari samudera Atlantik dan Antartika. Anglerfish betina terlihat seperti monster, batang cahaya menggantung dari wajah mereka dan taring besar yang menakutkan mencuat dari mulut mereka.

Tapi kedatangan Anglerfish jantan membuat segalanya lebih aneh. Saat kawin, anglerfish jantan bertindak seperti parasit, menurut New Scientist. Menggigit badan betina pilihannya, jantan mungil itu menyatukan tubuhnya dengan miliknya sehingga dia bisa mencuri nutrisinya dengan menghisap darahnya.



Karena jantan tidak perlu berenang atau melihat, mata, sirip, dan beberapa organ utama mulai rusak. Dia mendapatkan semua yang dia butuhkan dengan sedikit usaha, sementara satu-satunya tanggung jawabnya adalah menyediakan sel-sel reproduksi ketika waktunya tepat. Pada saat itu, jantan dan betina melepaskan sperma dan telur mereka masing-masing ke dalam air untuk pembuahan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1505 seconds (0.1#10.140)