Ini 6 Hewan Aneh yang Tercipta karena Evolusi

Selasa, 29 Juni 2021 - 13:54 WIB
6. Ubur-ubur abadi

Ini 6 Hewan Aneh yang Tercipta karena Evolusi

Apakah Anda pernah berharap bisa kembali muda dan memulai hidup lagi dari remaja? Seiring berjalannya waktu, tubuh kita dirancang untuk tumbuh, menua, dan akhirnya mati. Namun, tidak semua spesies mengikuti siklus ini. Hanya ubur-ubur abadi yang mendapatkan keistimewaan seperti ini, yakni Turritopsis dohrnii.

Menurut American Museum of Natural History (AMNH), saat terluka atau menghadapi kelaparan, ubur-ubur ini dapat menekan tombol "reset". Dengan pengaturan ulang itu, ubur-ubur dewasa kembali ke tahap perkembangan sebelumnya, dalam hal ini polip.

Polip baru itu kemudian melanjutkan siklus hidup dan menghasilkan banyak medusa yang identik secara genetik, atau makhluk bertentakel yang kita sebut ubur-ubur.

Para ilmuwan berpikir ubur-ubur abadi menggunakan proses yang disebut transdiferensiasi untuk melakukan prestasi peremajaan ini. Dalam proses ini, sel dewasa yang telah menjadi khusus untuk jaringan tertentu dapat berubah menjadi jenis sel khusus yang berbeda, kata AMNH.

Pada ukuran terbesarnya, ubur-ubur dewasa ini masih berukuran kurang dari 0,2 inci (5 milimeter). Ubur-ubur ini pertama kali ditemukan pada tahun 1883 di Laut Mediterania, tetapi mereka baru mendapatkan julukan ubur-ubur abadi pada pertengahan 1990-an. Ketika seorang mahasiswa Jerman sedang mempelajarinya di laboratorium, dia melihat fenomena aneh itu.

Ketika tahap medusa ubur-ubur mengalami stres, ia jatuh ke dasar wadah dan langsung kembali menjadi polip, melewatkan setiap tahap pembuahan atau larva, menurut The Biologist, yang diterbitkan oleh Royal Society of Biology. Para peneliti menyukainya seperti "kupu-kupu yang berubah kembali menjadi ulat."

Selanjutnya, para peneliti berharap untuk mengetahui bagaimana ubur-ubur mencapai kehidupan abadinya. "Genom Turritopsis dohrnii sedang diselidiki dan decoding itu akan menjadi langkah pertama menuju pencarian keabadian," menurut The Biologist.