Ini 6 Hewan Aneh yang Tercipta karena Evolusi

Selasa, 29 Juni 2021 - 13:54 WIB
loading...
A A A
Karena katak dikelilingi oleh tanaman hijau subur, mantel hijau cerah mereka sangat ideal untuk kamuflase.

Sementara itu, kaki mereka yang lebih transparan mengaburkan garis besar tubuh mereka, sehingga sulit bagi predator untuk mengenali bentuk katak, demikian temuan studi tersebut.

2. Saling Ketergantungan Tawon dan Buah Ara

Ini 6 Hewan Aneh yang Tercipta karena Evolusi


Hubungan yang tidak mungkin sering terbentuk di alam liar. Misalnya, tawon ara telah menemukan rumah yang tidak biasa di dalam buah ara. Buah ara sebenarnya adalah seikat bunga kecil yang bergantung pada tawon ara untuk penyerbukan.

Pada gilirannya, buah itu menjadi rumah yang nyaman dan aman bagi tawon selama hidup mereka yang sangat singkat.

Menurut The Netherlands Entomological Society, ketika tawon ara betina menetas, mereka siap untuk "mengendus" pohon ara yang menerima, atau mereka yang bunganya siap untuk penyerbukan.

Secara naluriah, tawon mencari aroma tertentu yang dipancarkan oleh bunga ara betina, menurut U.S. Forest Service. Begitu mereka menemukan buah ara yang dibutuhkan, tawon menggali jalan mereka ke bunga yang lembut dan manis melalui lubang di ujung "buah" ara.

Ketika tawon ara menetas, tukik jantan kawin dengan betina, sebelum menggali jalan keluar dari ara untuk betina. Tawon jantan menghabiskan seluruh hidup mereka di dalam buah ara dan mati tak lama setelah membuat terowongan.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1248 seconds (0.1#10.140)