Mumi Putri Raja Ditemukan di Piramida, Arkeolog: Sosoknya Masih Misterius

Kamis, 09 Desember 2021 - 23:11 WIB
loading...
A A A
Profesor Aidan Dodson dari Universitas Bristol mengatakan, desain piramida semacam ini khusus untuk seorang raja. "Biasanya seorang putri hanya akan memiliki makam poros dan kamar di bagian bawahnya. Sedangkan yang ini makin membuat semuanya menjadi misteri," katanya.

Untuk memahami lebih lanjut tentang sang putri, tim mengalihkan perhatian mereka ke usia di mana dia tinggal, selama Kerajaan Tengah Mesir.

Terbentang dari tahun 2030 hingga 1650 SM, Kerajaan Tengah dikenal sebagai zaman klasik Mesir. Di Museum Kairo ada beberapa harta karun putri Kerajaan Tengah lainnya, Khenmet. Ini diharapkan bisa membantu mereka mengungkap mengidentifikasi wanita misterius itu.



Siapa sebenarnya ayah Khenmet tidak pasti, tetapi dari posisi pemakamannya di sebelah piramida Amenemhat II, para arkeolog mengatakan kemungkinan dia adalah putrinya.

Sambil memegang perhiasan glamor yang pernah menjadi miliknya, Dr Shazly berkata, mereka memiliki mahkota Putri Khenmet dari Dashur di sini yang terbuat dari emas dan batu mulia lainnya.

"Makam yang baru ditemukan mungkin memiliki banyak emas, tetapi harta karun itu telah dicuri sejak lama," katanya. Kini identitas putri raja tersebut tetap menjadi misteri yang belum terpecahkan.
(ysw)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2002 seconds (0.1#10.140)