Melihat Kecanggihan Roket-roket Pariwisata Luar Angkasa

Kamis, 06 Januari 2022 - 10:31 WIB
loading...
A A A
3. Lama Penerbangan

Blue Origin memiliki waktu penerbangan paling sebentar dibandingkan dengan dua perusahaan lain. Lama penerbangan hanya 10 menit, terhitung mulai dari peluncuran hingga pendaratan kembali. Sedangkan Virgin Galactic memiliki durasi penerbangan selama 2,5 jam, dari peluncuran hingga kembali.

SpaceX berada di depan kedua perusahaan tersebut dengan rutin melakukan penerbangan yang dapat berlangsung dalam hitungan bulan. Pada 15 September 2021, mereka mengirim awak empat warga sipil dalam misi luar angkasa pribadi yang membawa mereka ke beberapa orbit mengelilingi Bumi selama tiga hari pada ketinggian 363 mil.

4. Keamanan

Meskipun telah mengalami beberapa kali kegagalan saat uji coba, sejauh ini ketiga perusahaan tersebut belum pernah menyebabkan kerusakan fatal pada properti publik. SpaceX dan Blue Galactic juga belum pernah kehilangan awak pesawat dalam perjalanan yang dilakukan. Hal yang berbeda dialami oleh Virgin Galactic, yang pernah kehilangan empat orang karyawan, dan menyebabkan empat karyawan lain terluka pada dua kecelakaan terpisah di tahun 2007 dan 2014.

5. Harga

Pada Juli 2021, Virgin Galactic dikabarkan membuka kembali penjualan tiket yang sempat ditutup sejak 2014, dengan harga USD450.000 per kursi. Untuk penelitian berat dan pelatihan astronaut, perusahaan ini membanderol harga sebesar USD600.000 untuk satu kursinya.

Melihat Kecanggihan Roket-roket Pariwisata Luar Angkasa

Sementara itu, Blue Origin dikabarkan menjual tiket senilai USD100 juta, meski belum mengumumkan harga tiketnya secara publik. Untuk SpaceX , penumpang yang bepergian ke Stasiun Luar Angkasa Internasional selama tiga hari harus membayar USD55 juta untuk mengamankan kursi mereka di roket SpaceX.
(wbs)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2153 seconds (0.1#10.140)