24 Makam Kuno Klan Crazy Rich Ditemukan China, Berisi 6 Kereta dan Kepala Kuda Berlapis Emas

Senin, 10 Januari 2022 - 06:15 WIB
loading...
24 Makam Kuno Klan Crazy Rich Ditemukan China, Berisi 6 Kereta dan Kepala Kuda Berlapis Emas
Pemakaman kuno berusia 3.000 tahun milik klan kaya raya alias crazy rich dari Zaman Perunggu ditemukan di Situs Anyang, China. Foto/CNN/Anyang Institute of Cultural Relics and Archaeology
A A A
ANYANG - Pemakaman kuno berusia 3.000 tahun milik keluarga atau klan kaya raya alias crazy rich dari Zaman Perunggu ditemukan di Situs Anyang, Provinsi Henan, China. Para arkelog membutuhkan waktu 2 tahun untuk melakukan penggalian makam keluarga klan kaya raya bernama “Ce” dari masa Dinasti Shang.

Pemakaman klan crazy rich ini berjarak sekitar 2,4 kilometer dari ibu kota kuno Yinxu, tempat ditemukan reruntuhan istana dan kuil kuno. Situs arkeologi tersebut berisi 18 fondasi bangunan, 24 makam, 4 lubang kuda dan kereta, serta sejumlah peninggalan harta benda yang masih utuh.

Sejumlah barang berharga yang ditemukan, antara lain giok dan batu berharga, dan barang-barang perunggu bertuliskan karakter "Ce." Lambang klan “Ce” muncul di banyak benda yang terbuat dari perunggu sehingga para arkeolog memperkirakan klan ini sangat terkenal. (Baca juga; Makam Kuno Dinasti Wen Ini Bergambar Prajurit Penjaga yang Eksotis )

Bahkan karakter “Ce” diukir pada hewan dan tulang yang digunakan dalam ramalan. “Dalam prasasti tulang oracle, ada catatan tentang klan 'Ce',” kata Kong Deming, Direktur Institut Peninggalan Budaya dan Arkeologi Anyang kepada kantor berita Xinhua yang dikutip SINDOnews dari laman cnn, Senin (10/1/2022).

Salah satu makam terbesar di situs itu tampaknya telah dirampok dan hanya menyisakan beberapa benda berharga, seperti potongan tembikar. Namun di lubang lain, para arkeolog menemukan alat yang terbuat dari tulang dan cangkang kerang, serta lebih dari 20 set bejana ritual perunggu. Peralatan itu berupa piala, kuali, dan "jue", yang digunakan untuk menyajikan anggur hangat selama upacara ritual.

Para arkeolog juga menemukan 6 gerbong (kereta kuda), serta sisa-sisa beberapa kuda dan orang-orang yang diyakini telah dikubur hidup-hidup. Ini praktik umum yang biasa dilakukan pada masa Dinasti Shang, terutama saat proses pemakaman orang yang berstatus tinggi seperti anggota keluarga kerajaan.
24 Makam Kuno Klan Crazy Rich Ditemukan China, Berisi 6 Kereta dan Kepala Kuda Berlapis Emas


Beberapa orang yang terkubur ditemukan mengenakan topi dengan tali cangkang, sementara kepala kuda telah dihiasi dengan emas. Banyak dari sisa-sisa barang berharga memiliki dekorasi mewah, menunjukkan klan itu sangat kaya. (Baca juga; 260 Makam Kuno dari Periode Negara-Negara Berperang Ditemukan di Kota Sanmenxia China )

"Ini sangat langka di antara penemuan kuno Anyang, yang mencerminkan status dan kekuatan luar biasa dari pemilik kereta," kata Kong. Para peneliti masih berusaha memastikan status sosial klan "Ce", bagaimana komunitas itu terbangun dan apakah memiliki hubungan dengan keluarga kerajaan.

Penemuan lain di situs tersebut - seperti tangga di depan fondasi bangunan dan sisa-sisa dekoratif dinding bagian dalam - memberikan petunjuk tentang bagaimana rumah dinasti Shang dibangun dan dirancang. (Baca juga; Makam Kuno Berusia 1.500 Tahun Ini Membuktikan Cinta Sejati Itu Ada )

Para peneliti percaya bahwa halaman dan makam dibangun pada akhir dinasti, yang berakhir pada 1046 SM dan mengantarkan Zaman Perunggu China. Pemakaman itu kemungkinan besar telah dipugar dan digunakan kembali berkali-kali, tetapi ditinggalkan setelah Shang digulingkan.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1238 seconds (0.1#10.140)