6 Hewan di Dunia yang Memiliki Jantung Unik, Nomor 5 Bikin Takjub

Selasa, 15 Februari 2022 - 10:01 WIB
loading...
A A A
Namun, ikan ini memiliki jantung yang unik. Selain satu atrium dan satu ventrikel, ikan juga memiliki dua struktur yang tidak terlihat pada manusia. "Sinus venosus" adalah kantung yang terletak di depan atrium dan "bulbus arteriosus" adalah tabung yang terletak tepat di belakang ventrikel.

Seperti pada hewan lain, jantung menggerakkan darah ke seluruh tubuh. Darah terdeoksigenasi memasuki sinus venosus dan mengalir ke atrium. Kemudian atrium memompa darah ke dalam ventrikel.

Ventrikel memiliki dinding yang lebih tebal dan lebih berotot, dan memompa darah ke dalam bulbus arteriosus. Bulbus arteriosus mengatur tekanan darah saat mengalir melalui kapiler yang mengelilingi insang ikan.

Kemduian insang akan melakukan pertukaran oksigen melintasi membran sel dan masuk ke dalam darah. Tetapi mengapa ikan membutuhkan bulbus arteriosus untuk mengatur tekanan darah? "Karena insangnya halus dan berdinding tipis dan bisa rusak jika tekanan darahnya terlalu tinggi," kata Moore.

Bulbus arteriosus itu sendiri tampaknya merupakan ruang dengan komponen yang sangat elastis dibandingkan dengan sifat otot ventrikel.
(ysw)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1255 seconds (0.1#10.140)