6 Hewan di Dunia yang Memiliki Jantung Unik, Nomor 5 Bikin Takjub

Selasa, 15 Februari 2022 - 10:01 WIB
loading...
A A A
5. Cacing Tanah

6 Hewan di Dunia yang Memiliki Jantung Unik, Nomor 5 Bikin Takjub


Cacing tanah tidak benar-benar memiliki jantung tetapi cacing memiliki lima jantung semu yang membungkus kerongkongannya. Pseudoheart ini tidak memompa darah, melainkan memeras pembuluh darah untuk membantu mengedarkan darah ke seluruh tubuhnya.

Ia juga tidak memiliki paru-paru, tetapi menyerap oksigen melalui kulitnya yang lembab. "Udara terperangkap di dalam tanah, atau di atas tanah setelah hujan ketika cacing dapat tetap lembab, larut dalam lendir kulit, dan oksigen ditarik ke dalam sel dan darah. sistem di mana ia dipompa ke seluruh tubuh," kata Moore.

Cacing tanah memiliki darah merah yang mengandung hemoglobin, protein yang membawa oksigen. Tidak seperti manusia, cacing memiliki sistem peredaran darah terbuka. "Jadi hemoglobin hanya mengapung di antara cairan lainnya," kata Moore.

6. Ikan

6 Hewan di Dunia yang Memiliki Jantung Unik, Nomor 5 Bikin Takjub


Sebuah studi yang diterbitkan pada tahun 2002 dalam jurnal Science menemukan bahwa ikan zebra dapat sepenuhnya meregenerasi otot jantung hanya dalam dua bulan setelah 20% otot jantung mereka rusak.

Amfibi dan beberapa kadal dapat meregenerasi ekor mereka, dan katak yang diberi koktail obat khusus bahkan menumbuhkan kembali kaki dalam studi tahun 2022 di jurnal Science Advances, tetapi kemampuan regeneratif ikan zebra menjadikannya model utama untuk mempelajari pertumbuhan jantung.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4149 seconds (0.1#10.140)