Lapisan Atmosfer dan Fungsinya yang Sangat Vital Bagi Kehidupan

Selasa, 22 Februari 2022 - 16:38 WIB
loading...
Lapisan Atmosfer dan Fungsinya yang Sangat Vital Bagi Kehidupan
Atmosfer adalah lapisan udara yang melindungi bumi. Lapisan atmosfer dan fungsinya sangat vital bagi kehidupan di bumi. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Lapisan atmosfer dan fungsinya sangat vital bagi kehidupan di bumi . Tanpa atmosfer ini, kemungkinan besar tidak akan ada kehidupan.

Atmosfer adalah lapisan udara yang melindungi bumi. Apabila di bumi ini tidak memiliki atmosfer maka akan terjadi terjadi kerusakan dan ketidakteraturan sehingga proses kehidupan di bumi akan terganggu.

Dilansir dari The UCAR Center For Science Education, atmosfer terdiri dari 6 lapisan yakni troposfer, stratosfer, mesosfer, termosfer, ionosfer, dan eksosfer. Berikut ini lapisan atmosfer dan fungsinya, antara lain:

1. Troposfer
Campuran gas dalam lapisan Troposfer merupakan yang paling baik untuk menopang kehidupan di bumi. Dalam lapisan ini terjadi cuaca, perubahan suhu, angin, tekanan kelembapan yang dirasakan setiap hari.

Dalam lapisan ini terjadi peristiwa cuaca, seperti hujan, angin, musim salju, kemarau, dan sebagainya. Lapisan inilah yang menopang kehidupan manusia.



2. Stratosfer
Stratosfer adalah lapisan kedua dari atmosfer. Ketebalan lapisan ini sekitar 15 km hingga 40 km dari permukaan bumi.

Lapisan ini merupakan tempat terbangnya pesawat. Stratosfer juga mengandung ozon sehingga disebut juga disebut juga lapisan ozon. Lapisan ozon ini menyerap radiasi dari sinar ultraviolet.

3. Mesosfer
Mesosfer adalah lapisan ketiga dari atmosfer. Fungsi dari lapisan mesosfer, yaitu sebagai lapisan untuk memantulkan gelombang radio.

Biasanya, meteor atau benda asing dari ruang angkasa akan terbakar ataupun terkikis di lapisan mesosfer ini. Kebanyakan meteor akan terbakar pada lapisan ini. Selain itu, hanya pesawat bertenaga roket yang dapat mencapai mesosfer.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3761 seconds (0.1#10.140)