Ini Perbedaan Katak dan Kodok yang Jarang Diketahui

Senin, 07 Maret 2022 - 19:29 WIB
loading...
A A A
3. Telur

Bahwa katak dan kodok membutuhkan air atau tempat basah untuk kawin dan bertelur adalah salah satu kesamaan mereka. Namun, seseorang dapat membedakan antara telur katak dan telur kodok karena telur katak diletakkan dalam rumpun di dalam air, dan telur kodok diletakkan di pita panjang yang terkadang dapat tersangkut di tanaman air.

4. Warna

Katak cenderung memiliki lebih banyak warna daripada kodok. Katak berwarna paling cerah termasuk katak beracun dari Amerika Selatan. Warna mereka yang menakjubkan membuat calon pemangsa tahu bahwa mereka sangat beracun.

Katak racun emas yang cantik memiliki cukup racun di kulitnya untuk membunuh antara 10 dan 20 pria dewasa. Tapi kulit beracun dari kodok juga bisa mematikan jika kodok itu dimakan atau bahkan ditangani tanpa tindakan pencegahan. Kulit beracun adalah salah satu kesamaan yang dimiliki oleh kodok dan katak.

5. Habitat

Katak pada dasarnya hidup di air, meskipun sebagian besar memiliki paru-paru dan dapat meninggalkan air untuk sementara waktu. Kodok hidup di darat dan kembali ke air untuk berkembang biak. Jika Anda melihat amfibi berjalan di sepanjang trotoar atau berjalan-jalan di rerumputan, kemungkinan itu adalah katak.



Kodok dapat mengatasi jauh lebih baik dengan kondisi kering daripada katak, karena kulit mereka lebih tahan air. Sedangkan katak kehilangan kelembapan dengan lebih mudah, sehingga katak jarang terlihat terlalu jauh dari air, tak heran mengapa mereka selalu terlihat lembab.

6. Kecebong

Kecebong katak dan kodok pun berbeda. Kecebong katak nampak lebih ramping dan panjang daripada berudu kodok yang cenderung pendek dan gemuk. Berudu kodok berwarna hitam, sedangkan berudu katak berwarna emas.

7. Bentuk
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1831 seconds (0.1#10.140)