Peneliti Israel Berhasil Mencegah Penuaan Sel Telur Wanita

Jum'at, 11 Maret 2022 - 09:30 WIB

Dari situlah penelitian itu dilakukan agar proses penuaan sel-sel telur dapat dihambat. "Jika kita menggunakan obat yang mencegah virus ini beroperasi, dan ini hanya obat antivirus, maka mekanisme ini akan kita hentikan dan memperlambat proses penuaan,” jelasnya.

Percobaan itu menurut Jerusalem Post dilakukan pada sel telur tikus dan manusia yang diambil dari beberapa kelompok umur yang berbeda. Setelahnya mereka mengukur tingkat virus, tingkat kerusakan DNA, berapa banyak telur matang dalam tabung reaksi (pengaturan IVF), dan bagaimana kromosom DNA terlihat di bawah mikroskop setelah obat antivirus diberikan.

Dalam semua kasus, sel telur yang lebih tua, yang telah menerima obat antivirus, tampak lebih muda daripada yang tidak diobati. “Setelah perawatan, mereka berperilaku lebih seperti telur di usia 20-an,” ujar Michael Klutstein.

Proses penelitian sendiri masih akan diteruskan. Langkah selanjutnya adalah menetapkan protokol yang benar untuk merawat telur manusia dalam pengaturan IVF. Mereka juga berupaya memastikan bahwa perawatan tersebut tidak berdampak negatif pada embrio. “Ini masih sangat eksperimental, tetapi kami ingin membuat obat darinya,” kata Michael Klutstein.