Predator Terbesar di Dunia, Hiu Putih Ternyata Pemalu dan Cerdas

Sabtu, 02 April 2022 - 15:43 WIB
loading...
A A A
Ini menunjukkan serangan hiu putih besar bisa menjadi kasus kesalahan identitas, setidaknya pada hiu putih yang remaja. "Hiu putih sering digambarkan sebagai 'pembunuh yang tidak berakal' dan 'menyukai daging manusia', namun, tidak demikian," kata Laura Ryan, peneliti di Macquarie University di Australia, kepada Live Science.

Ketika seseorang digigit hiu, para ahli seringkali kesulitan menentukan spesies hiu mana yang terlibat. Hiu tidak berkeliaran untuk identifikasi, dan korban dapat berjuang untuk membuat pengamatan yang akurat tentang hiu ini.



Banyak spesies hiu juga membuat luka yang tampak serupa. Oleh karena itu, data serangan hiu condong ke spesies yang mudah diidentifikasi seperti hiu putih besar. Data File Serangan Hiu Internasional (ISAF) menunjukkan ada 354 serangan hiu putih besar yang tidak beralasan, termasuk 57 pertemuan fatal, yang tercatat sejak 1580, lebih banyak dari spesies hiu lainnya.
Predator Terbesar di Dunia, Hiu Putih Ternyata Pemalu dan Cerdas


Hiu putih besar adalah predator puncak yang memakan berbagai mangsa, termasuk ikan, anjing laut, penyu, dan burung laut. Mereka biasanya memakan mangsa yang lebih kecil seperti cumi-cumi dan ikan pari ketika mereka masih muda.

Kemudian beralih memakan mamalia laut seperti anjing laut, singa laut dan lumba-lumba, saat tumbuh dewasa. Hiu putih besar menggunakan kecepatan tinggi untuk menangkap mangsa. Berkat tubuhnya yang ramping, mereka dapat berlari di air dengan kecepatan hingga 24 km/jam.

Dengan berburu mangsa, hiu putih besar dan hiu lainnya berperan penting di lautan. Mereka menjaga populasi mangsa tetap sehat dengan menangkap mangsa yang lemah dan sakit dan mencegah populasi tersebut tumbuh terlalu besar untuk didukung oleh sumber daya habitat.

Hiu putih besar juga bisa menjadi mangsa jenisnya sendiri, tetapi risiko pemangsaan mereka menurun seiring bertambahnya usia dan semakin besar. Satu-satunya hal yang memakan hiu putih besar dewasa adalah hiu putih besar dewasa yang lebih besar dan paus pembunuh (Orcinus orca), yang mungkin memburu hiu putih besar untuk diambil hati mereka yang kaya energi.
(wib)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5481 seconds (0.1#10.140)