Rusia Kerahkan Kapal Selam Tua Berteknologi Unik, Alrosa Bergerak Senyap dengan Pompa Jet

Rabu, 29 Juni 2022 - 15:57 WIB
loading...
Rusia Kerahkan Kapal Selam Tua Berteknologi Unik, Alrosa Bergerak Senyap dengan Pompa Jet
Satu-satunya kapal selam kelas Kilo yang digerakkan dengan tenaga pompa jet milik Rusia dikerahkan kembali untuk menyerang Ukraina. Foto/The War Zone/Twitter
A A A
MOSKOW - Satu-satunya kapal selam kelas Kilo yang digerakkan dengan tenaga pompa jet milik Rusia dikerahkan kembali untuk menyerang Ukraina. Kapal selam diesel-listrik Rusia yang unik ini diberi nama Alrosa, sudah dilengkapi rudal jelajah baru dan menjalani uji coba sebelum bergabung dengan Armada Laut Hitam.

Kantor berita Rusia TASS melaporkan bahwa Alrosa, sub-varian dari kapal diesel-listrik kelas Project 877 atau Kilo, melaut untuk memulai uji coba setelah diupgrade. Peningkatan kemampuan tempur Alrosa diungkapkan oleh Pabrik Perbaikan Kapal ke-13 Armada Laut Hitam (Black Sea Fleet’s 13th Ship Repair Plant) di Sevastopol, Krimea.

“Kapal selam telah dikerahkan [ke laut dari Teluk Sevastopol]. Untuk pertama kalinya selama delapan tahun, akan diuji dalam berbagai mode operasi dan harus membuktikan kemampuannya untuk beroperasi sesuai dengan peruntukannya,” keterangan resmi Black Sea Fleet’s 13th Ship Repair Plant dikutip SINDOnews dari laman The War Zone, Rabu (29/6/2022).

Baca juga; China Ciptakan Robot Kapal Selam Berteknologi Super Canggih

Sejumlah foto dan video kapal selam Alrosa meninggalkan fasilitas perbaikan juga sudah muncul di media sosial.Namun, tidak jelas berapa lama uji coba ini akan berlangsung dan kapan kapal selam dinyatakan siap untuk masuk layanan operasional. Selanjutnya, setelah uji coba pabrik kemungkinan diikuti uji coba lebih lanjut oleh Angkatan Laut Rusia.

Ada beberapa detail tentang tingkat peningkatan, di antaranya penambahan rudal jelajah subsonik 3M14 Kalibr, yang dikenal NATO sebagai SS-N-30A Sagaris. Senjata-senjata ini telah banyak digunakan oleh Rusia sejak dimulainya perang di Ukraina, diluncurkan dari kapal perang dan kapal selam.

Rudal Kalibr secara luas disejajarkan dengan RGM-109 Tomahawk dan diperkirakan memiliki jangkauan antara 1.500 km dan 2.945 km, dengan membawa hulu ledak berdaya ledak tinggi seberat 450 kg. Rudal Kalibr juga dapat ditukar dengan rudal anti-kapal 3M54, namun dengan tidak adanya ancaman kapal Ukraina yang berarti, kemungkinan tidak akan dilakukan.

Baca juga; Kapal Selam Nuklir Inggris Unjuk Kemampuan Beroperasi di Kutub Utara

Kapal selam Alrosa memiliki keunikan sendiri yang tidak dimiliki kapal selam Rusia lainnya,yaitu pada sistem propulsi yang menggunakan pompa jet. Kapal selam Alrosa yang juga dikenal sebagai Proyek 877V, tidak digerakkan dengan baling-baling enam atau tujuh bilah seperti kapal selam diesel listrik kelas Kilo standar.
Rusia Kerahkan Kapal Selam Tua Berteknologi Unik, Alrosa Bergerak Senyap dengan Pompa Jet


Dengan sistem propulsi (penggerak) pompa jet, menawarkan serangkaian keunggulan dibandingkan penggunaan bilah baling-baling. Di antaranya, mampu mencapai kecepatan yang lebih tinggi tanpa kavitasi yang bising, yang berarti dapat transit jarak jauh secara senyap.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1271 seconds (10.101#12.26)