5 Hewan yang Matanya Bisa Menyala saat Berada di Kegelapan

Jum'at, 01 Juli 2022 - 15:55 WIB
loading...
A A A
Bentuk mata hewan ini cenderung lebih panjang dan terlihat seperti tabung. Serta ditahan dengan kaku oleh sebuah tulang yang disebut cincin sklerotik. Hal inilah yang memungkinkan matanya mendapatkan banyak cahaya masuk. Sehingga, penglihatan burung hantu dalam kegelapan cukup baik.

3. Kelinci

Hewan lucu ini memiliki ciri khas berupa telinga yang besar dan memanjang. Selain itu, matanya juga bisa menyala saat berada di tempat gelap. Biasanya, cahaya yang dipancarkan Kelinci berwarna merah.

Pancaran tersebut dihasilkan dari pantulan bagian belakang mata Kelinci. Jadi, warna mata tersebut berasal dari iris yang dihasilkan pigmen yang memantulkan gelombang cahaya.

4. Rusa

Rusa merupakan hewan yang bisa berlari dengan sangat cepat. Hal ini sangat berguna ketika mereka menghindari para predator yang hendak memakannya. Selain itu, rusa juga memiliki mata yang bisa menyala saat gelap.

Berbeda dengan Kelinci yang memancarkan sorot merah, mata Rusa memiliki kilauan berwarna kuning. Layaknya hewan malam lain, rusa memiliki mata dengan sel batang. Hal ini membuat penglihatan mereka bisa tetap optimal pada malam hari karena sel fotoreseptor di retinanya.

Baca juga : Tentara Tewas Diseruduk Rusa di Istana Presiden

5. Beruang

Umumnya, Beruang adalah hewan yang perawakan besar dan cukup berbahaya. Jika dicermati, beruang memiliki mata berwarna coklat tua. Hanya saja, ketika malam hari matanya bisa menyala.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1174 seconds (0.1#10.140)