Rusia Kirim Kapal Selam Nuklir ke Laut Putih, Krasnoyarsk Dipersenjatai Rudal Hipersonik Zirkon

Sabtu, 02 Juli 2022 - 11:20 WIB
loading...
Rusia Kirim Kapal Selam Nuklir ke Laut Putih, Krasnoyarsk Dipersenjatai Rudal Hipersonik Zirkon
Rusia mengirim kapal selam nuklir Krasnoyarsk untuk tes pertama di Laut Putih, utara Moskow. Foto/Bulgarian Military/TASS
A A A
MOSKOW - Rusia tampaknya makin gencar mempersiapkan armada kapal selam di tengah perang dengan Ukraina yang makin sengit. Terbaru, Rusia mengirim kapal selam nuklir Krasnoyarsk untuk tes pertama di Laut Putih, utara Moskow.

Dikutip dari laman Bulgarian Military, Sabtu (2/7/2022), Krasnoyarsk adalah kapal selam ketiga dari proyek kapal selam nuklir kelas 885M [Yasen-M], yang dirancang untuk meningkatkan kemampuan nuklir angkatan laut Rusia. Kapal selam itu dibangun di galangan kapal Sevmash di Severodvinsk, Oblast Arkhangelsk, utara Rusia.

Menurut informasi yang diberikan oleh galangan kapal kantor berita Rusia TASS, kapal selam ketiga dari proyek 885M [Yasen-M] Krasnoyarsk berlayar ke Laut Putih untuk tes laut pertama. Pondasi kapal selam diletakkan pada tahun 2014.

“Pada 26 Juni, kapal selam Krasnoyarsk meninggalkan galangan kapal Sevmash untuk tes laut pertama kapal selam di Laut Putih. Kesesuaian peralatan kapal, kelaikan laut, dan karakteristik operasional dengan parameter yang dirancang akan diuji di laut,” tulis TASS.

Baca juga; Rusia Kerahkan Kapal Selam Tua Berteknologi Unik, Alrosa Bergerak Senyap dengan Pompa Jet

Kapal selam kelas Yasen-M [proyek 885M] adalah versi upgrade dari kapal selam serangan nuklir Yasen, yang mampu mendeteksi kapal musuh pada kecepatan lebih tinggi. Kapal selam dilengkapi dengan sumber energi baru dan sistem perlindungan akustik untuk mengurangi jejak kebisingan dan meningkatkan kemampuan tembus pandang.

Peningkatan kapal selam itu mencakup bentuk lambung yang dioptimalkan, perangkat peperangan elektronik [EW] dan sistem otomasi yang ditingkatkan, dua silo untuk sistem peluncuran vertikal, sistem propulsi satu pompa yang memungkinkan kapal selam beroperasi secara senyap, dan tabung torpedo baru.

Kapal selam kelas Yassen-M dilengkapi dengan delapan sistem peluncuran vertikal [VLS] untuk rudal jelajah yang mampu menembakkan rudal permukaan-ke-udara dan torpedo. Kapal selam Krasnoyarsk, dibangun untuk membawa rudal jelajah dan torpedo paling canggih Rusia
Rusia Kirim Kapal Selam Nuklir ke Laut Putih, Krasnoyarsk Dipersenjatai Rudal Hipersonik Zirkon


Delapan silo vertikal untuk rudal jelajah Oniks, Kalibr atau Kh-101 dan 10 tabung torpedo. Kapal selam kemungkinan di masa depan juga akan dipersenjatai dengan rudal jelajah hipersonik Zirkon baru Rusia yang saat ini sedang diuji.

Baca juga; AS Bikin Satelit Pendeteksi Rudal Hipersonik, China: Bisa Ngak Menghentikannya?

Setiap kapal selam kelas Yasen-M memiliki 64 awak. Kapal selam ini memiliki panjang 130 meter, memiliki perpindahan di permukaan 8.600 ton. Kapal selam itu dikembangkan oleh Biro Desain Malakhit yang berbasis di St. Petersburg.

Saat ini, ada enam kapal selam Proyek 885M sedang dalam berbagai tahap konstruksi di Galangan Kapal Sevmash. Kapal selam bertenaga nuklir Project 885M Kazan dikirim ke Angkatan Laut Rusia pada 7 Mei 2021. Kapal selam Project 885/885M dipersenjatai dengan Kalibr-PL (SS-N-27 Sizzler) dan Onyx (SS-N-26 Strobile) rudal jelajah sebagai senjata serangan utama.
(wib)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1162 seconds (10.101#12.26)