Tiru Pesawat F-16 AS, Jet Tempur J-10 China Pakai Konfigurasi Tulang Belakang Besar

Selasa, 19 Juli 2022 - 23:21 WIB
loading...
Tiru Pesawat F-16 AS, Jet Tempur J-10 China Pakai Konfigurasi Tulang Belakang Besar
Modifikasi pesawat tempur J-10 China dengan konfigurasi ‘Tulang Belakang Besar’ diklaim mengikuti jalur evolusi yang sangat mirip dengan jet tempur F-16 Amerika Serikat (AS). Foto/Twitter/The War Zone
A A A
BEIJING - Foto konfigurasi baru pesawat tempur kelas menengah utama China, J-10, mungkin mewakili model J-10D baru, telah beredar secara online. Modifikasi pesawat tempur J-10 China dengan konfigurasi ‘Tulang Belakang Besar’ diklaim mengikuti jalur evolusi yang sangat mirip dengan jet tempur F-16 Amerika Serikat (AS).

Gambar-gambar menunjukkan pesawat dengan modifikasi yang relatif akrab, fairing yang diperbesar ditempatkan sepanjang tulang belakang jet. Konfigurasi ‘Tulang Belakang Besar’ ini mirip dengan varian ekspor dari jet tempur AS yaitu F-16D dan F.

Penambahan konfigurasi ini ini berpotensi menampung berbagai sistem, termasuk sistem penanggulangan dan peperangan elektronik yang diperluas. Termasuk, komunikasi dan sensor pasif, serta pendinginan yang diperlukan untuk mendukung fitur tersebut.



Konfigurasi ini juga berpotensi memberikan ruang tambahan untuk bahan bakar, tetapi kemungkinannya kecil. Ruang ekstra sangat penting untuk turunan pesawat tempur dua kursi yang biasanya memberikan ruang ekstra dan bahan bakar untuk awak kedua.

Andreas Rupprecht, seorang analis dan penulis penerbangan China yang menge-Tweet dengan nama pengguna @Rupprecht_A, mengatakan bahwa jet dalam foto yang beredar luas bisa menjadi varian dari J-10 yang ditunjuk sebagai J-10CY, namun itu belum dikonfirmasi. Karena kesamaan visual jet dengan J-10B, pesawat yang digambarkan bahkan mungkin merupakan pesawat uji coba.
Tiru Pesawat F-16 AS, Jet Tempur J-10 China Pakai Konfigurasi Tulang Belakang Besar


Pesawat itu dibangun berfungsi untuk demonstrasi J-10D sementara pabrikannya, Chengdu Aircraft Industry Group. Sekaligus menguji kemampuan baru dan mengasah perangkat keras dengan lebih baik yang diperlukan untuk misi jet tempur J-10D.



Mempertimbangkan kemunculan tulang punggung besar baru-baru ini, misi itu dicurigai oleh beberapa analis sebagai kepentingan peperangan elektronik dan berpotensi menekan pertahanan udara musuh (SEAD). China banyak berinvestasi di ruang portofolio jet taktisnya, dengan varian serangan elektronik J-16 yang didasarkan pada pesawat tempur berat Flanker yang diluncurkan belum lama ini.

Pesawat ini juga menggunakan sebutan 'D', yaitu J-16D. Spekulasi itu selanjutnya didukung oleh evolusi jet temur F-16. Seperti disebutkan sebelumnya, modifikasi F-16 'tulang belakang besar' pertama kali muncul pada jet uji pengembangan (AFTI misalnya), tetapi segera bermigrasi untuk ekspor ke pelanggan.
Tiru Pesawat F-16 AS, Jet Tempur J-10 China Pakai Konfigurasi Tulang Belakang Besar
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2383 seconds (0.1#10.140)