Ciri Fisik dan Ukuran Ular Kepala Dua

Rabu, 07 September 2022 - 15:07 WIB
loading...
A A A
Makanan yang dikonsumsi ular ini adalah larva serangga, bayi tikus, kadal, cacing tanah, dan belut kecil. Ular ini sangat aktif pada malam hari. Ular ini hidup di wilayah hutan yang lembap, perkebunan dan perkotaan.

Mereka tergolong sebagai hewan yang dapat hidup di air dan darat. Ular ini menyukai tempat yang lembap dan gembur untuk menghilangkan diri.

Dengan menggunakan ujung kepalanya untuk menggali lubang di sekitar kolam, seresah, dan sumber air. Karena tidak berbisa, ular ini tidak akan membahayakan manusia.

Ular kepala dua juga tidak termasuk hewan yang agresif. Apabila merasa terancam, maka ular ini akan menggulung dan menyembunyikan kepalanya ke tengah badan. Kemudian ekornya akan terangkat bergerak seperti layaknya kepala.

Ciri-Ciri Fisik Ular Kepala Dua
Ciri Fisik dan Ukuran Ular Kepala Dua


Tampilan dari ular kepala dua sangat indah, berupa garis-garis dorsal yang terdapat di sekujur tubuhnya. Garis tersebut umumnya berwarna merah cerah, jingga dan bahkan ada yang berwarna oranye.

Panjang ular ini sekitar 1 meter, tubuhnya yang berbentuk silindris dengan ekor pendek yang tumpul. Kepala dan lehernya tidak dapat dibedakan. Ular ini juga memiliki mata yang hitam dengan ukuran kecil.

Warna dasar ular ini berwarna hitam, namun corak tersebut akan memudar seiring bertambahnya usia pada ular. Sisi dari bawah ular ini berwarna hitam dan dihiasi oleh garis berwarna putih. Dibandingkan dengan jenis ular lainnya, sisik milik ular kepala dua berjumlah sedang, setidaknya memiliki 19 deret sisik.

(MG/Nabilah Rofiqoh Duri)
(wib)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2314 seconds (0.1#10.140)