Daftar 7 Palung Terdalam di Dunia, Semuanya Berada di Samudra Pasifik

Rabu, 14 September 2022 - 14:51 WIB
loading...
Daftar 7 Palung Terdalam di Dunia, Semuanya Berada di Samudra Pasifik
Sedikitnya ada tujuh palung terdalam di dunia yang didominasi di wilayah perairan Pasifik. Foto DOK Ist
A A A
JAKARTA - Sedikitnya ada tujuh palung terdalam di dunia yang didominasi di wilayah perairan Pasifik . Kedalaman palung memiliki keragaman masing-masing, dan yang terdalam masih dipegang oleh palung mariana.

Dilansir dari laman Scientific American, palung sendiri merupakan cekungan yang berada di dasar laut dan memiliki rata-rata kedalaman lebih dari 5 km. Biasanya cekungan ini juga disebut sebagai relief laut.

Baca juga : Keren, Palung Sunda Jadi Palung Terdalam di Samudra Hindia

Berikut tujuh palung terdalam di dunia seperti dilansir dari laman marineinsight.com :

1. Palung Jepang

Seperti namanya, palung terdalam di dunia yang pertama ini berada di dekat kepulauan Jepang. Kedalamannya mencapai 9 km yang membentang dari kepulauan Kuril hingga Kepulauan Bonin.

Palung ini termasuk ke dalam bagian Cincin Api Pasifik yang terletak di samudra Pasifik bagian utara. Terbentuknya palung ini dikarenakan subduksi samudera Pasifik di bawah Lempeng Okhotsk kontinental.

2. Palung Izu-Ogasawara

Masih dari wilayah Jepang, kini adalah palung Izu Ogasawara atau juga biasa dikenal palung Izu Boni yang memiliki kedalaman sekitar 9,78 km.

Palung ini juga merupakan perpanjangan dari Palung Jepang. Selain Palung Izu-Ogasawara, di bagian barat Samudera Pasifik terdapat Palung Izu dan Palung Bonin.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4124 seconds (0.1#10.140)