Daftar 7 Palung Terdalam di Dunia, Semuanya Berada di Samudra Pasifik

Rabu, 14 September 2022 - 14:51 WIB
loading...
A A A
3. Palung Kermadec

Palung ini terletak di Samudra Pasifik bagian selatan atau di daerah timur Australia. Palung Kermadec membentang sekitar 1.000 km antara Louisville Seamount Chain dan Dataran Tinggi Hikurangi.

Terbentuk oleh subduksi Lempeng Pasifik di bawah Lempeng Indo-Australia, Palung ini memiliki kedalaman maksimum sekitar 104 km.

4. Palung Kuril Kamchatka

Palung terdalam di dunia berikutnya masih berada di Samudra Pasifik dengan kedalaman 10,5 km di bawah permukaan laut.

Terletak di sebelah timur Rusia dan Utara Jepang tepatnya di dekat Pulau Kuril dan di lepas pantai Kamchatka dimana terdapat banyak gunung berapi aktif di wilayah tersebut.

5. Palung Filipina

Palung Filipina memiliki kedalaman di kisaran 10,54 km. Cekungan ini juga biasa dikenal dengan nama Palung Mindanau yang membentang di sepanjang Laut Filipina.

Tepatnya berada di bagian timur Filipina dengan panjang 1.320 km dan lebar 30 km. Palung ini tercipta berkat tumbukan antar lempeng Eurasia dengan lempeng Filipina yang lebih kecil.

Pada tahun 1970 palung ini sempat dianggap sebagai titik terdalam di Bumi oleh para ilmuwan. Sebelum akhirnya rekor tersebut harus kalah oleh dua palung yang akan disebutkan ini.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.8063 seconds (0.1#10.140)