Daftar 7 Palung Terdalam di Dunia, Semuanya Berada di Samudra Pasifik

Rabu, 14 September 2022 - 14:51 WIB
loading...
A A A
Baca juga : Kapal Selam China Berhasil Capai Titik Terdalam Palung Mariana

6. Palung Tonga

Palung Tonga sebenarnya merupakan terusan dari Palung Kermadec, yang terletak di bagian barat daya Samudra Pasifik. Kedalamannya dapat mencapai 10,88 km di bawah permukaan laut.

Titik terdalamnya biasa disebut dengan Horizon Deep yang dianggap sebagai titik terdalam kedua di Bumi. Palung ini terbentang di sebelah utara Kepulauan Selandia Baru dan di timur laut Kepulauan Tonga.

Panjang dari palung ini mencapai 2.500 km dan para peneliti menyebutkan bahwa di bagian terdalam palung ini terdapat banyak spesies cacing gelang.

7. Palung Mariana

Nama ini mungkin sudah tidak asing sebagai palung terdalam di dunia yang kedalamannya mencapai 10,9 km. Kedalaman ini sempat diuji oleh peneliti dari Woods Hole Oceanographic Institution yang menenggelamkan kendaraan tak berawak.

Bentuk dari palung ini seperti bulan sabit yang memiliki panjang 2.550 km dengan rata rata lebar 69 km. Titik terdalam palung ini biasa dikenal dengan Challenger Deep.

Palung ini terbentuk karena tumbukan lempeng-lempeng konvergen litosfer samudera. Selama proses tersebut lempeng turun ke dalam bagian mantel bumi dimana nantinya akan terbentuk palung pada garis kontak antar lempeng.
(bim)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2017 seconds (0.1#10.140)