5 Kendaraan Canggih Masa Depan, Nomor 3 Kecepatannya Tembus 1.200 Km per Jam

Rabu, 28 September 2022 - 19:03 WIB
loading...
A A A
Sementara itu, EHang 216 yang merupakan hasil pengembangan dari EHang 184, dapat mengangkut dua penumpang. Kendaraan ini mampu membawa muatan hingga 260 kilogram.

EHang 216 mempunyai delapan tangan serta 16 baling-baling. Selain bisa lepas landas serta mendarat secara vertikal, lengan EHang 216 juga dapat terlipat. Harga EHang 216 diperkirakan senilai USD336.000.

3. Hyperloop
5 Kendaraan Canggih Masa Depan, Nomor 3 Kecepatannya Tembus 1.200 Km per Jam

Hyperloop merupakan kereta kapsul yang mempunyai kecepatan 1.200 kilometer/jam. Miliarder Elon Musk menjadi pencetus ide pertama teknologi tersebut pada 2013.

Saat itu, Elon Musk menggambarkan Hyperloop sebagai kendaraan yang kebal terhadap cuaca buruk, tidak berisiko tabrakan, konsumsi bahan bakar yang rendah, hingga kecepatannya seperti pesawat terbang. Pada dasarnya, Hyperloop mirip dengan kereta jenis magnetic levitation (maglev).

Namun karena tak terhalang oleh tekanan udara, kecepatan Hyperloop lebih tinggi.

Hyperloop bergerak dengan tekanan rendah sehingga memungkinkan kendaraan ini bergerak dengan kecepatan yang sangat tinggi. Jalur untuk Hyperloop dirancang secara khusus, menyerupai pipa raksasa. Pada Hyperloop ini, terdapat kapsul yang berfungsi sebagai tempat bagi para penumpang.

Pengembang Hyperloop antara lain Virgin Hyperloop, Hyperloop Transportation Technologies hingga TransPod Of Canada.

Saat Elon Musk menyusun transportasi Hyperloop pada 2013, ia memperkirakan rute dari Los Angeles ke Bay Area menelan biaya sekitar USD6 miliar. Sementara rute antara Abu Dhabi dan Dubai dengan proyek Hyperloop ini diperkirakan menelan biaya USD4,8 miliar.

4. Terrafugia TF-X
5 Kendaraan Canggih Masa Depan, Nomor 3 Kecepatannya Tembus 1.200 Km per Jam

Terrafugia TF-X adalah mobil pesawat masa depan. Kendaraan ini diklaim dapat terbang dan beroperasi di tengah cuaca ekstrem. Mobil pesawat Terrafugia TF-X mampu terbang dengan menempuh jarak hingga 700 kilometer serta kecepatan jelajah 300 kilometer per jam.

Sejumlah fitur canggih dimiliki oleh Terrafugia TF-X, antara lain sistem parasut serta mesin cadangan yang dapat diaktifkan oleh pengemudi saat kondisi darurat.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3089 seconds (0.1#10.140)