12 Spesies Bintang Laut yang Luar Biasa di Dunia

Rabu, 11 Oktober 2023 - 11:00 WIB
Comb Starfish memiliki lima lengan panjang yang menyerupai gigi gergaji. (Foto: Underwater)
JAKARTA - Bintang laut adalah makhluk laut yang menakjubkan dengan berbagai bentuk dan warna yang menghiasi dasar laut di seluruh dunia. Ternyata bintang laut memiliki keragaman luar biasa dalam hal penampilan dan perilaku.

Terdapat 12 spesies bintang laut yang luar biasa untuk dieksplorasi, seperti dilansir dari berbagai sumber, Rabu (11/10/2023).

1. Bintang Laut Mahkota

Bintang Laut Mahkota atau Crown of Thorns Starfish termasuk salah satu bintang laut terbesar di dunia. Mereka dikenal karena duri-duri tajam menyerupai mahkota serta pemakan karang terumbu. Namun, populasi yang terlalu besar dapat menjadi ancaman serius bagi ekosistem karang terumbu.

2. Bintang Laut Terumbu Batu Merah



Bintang Laut Terumbu Batu Merah berwarna cerah yang hidup di terumbu karang tropis. Mereka memiliki warna merah mencolok dan tubuh yang tebal. Bintang laut ini termasuk pemakan spons laut dan alga, dan menjadi bagian penting dari ekosistem terumbu karang.



3. Bintang Laut Karet

Bintang Laut Karet atau Chocolate Chip Starfish memiliki tubuh berbentuk cakram dengan duri-duri pendek yang menyerupai coklat chip. Mereka cenderung hidup di dalam lubang-lubang karang dan batu di dasar laut. Warna dasar mereka berkisar dari coklat hingga hitam.

4. Bintang Laut Gergaji

Bintang Laut Gergaji atau Comb Starfish, memiliki lima lengan panjang yang menyerupai gigi gergaji. Spesies ini memiliki berbagai warna, termasuk merah, oranye, dan kuning. Bintang laut ini hidup di terumbu karang dan terumbu batu.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More