Makin Brutal, Israel Gunakan Rudal Misterius di Helikopter Serang Apache AH-64

Selasa, 07 November 2023 - 21:05 WIB
Perang Israel dan pejuang Hamas yang sudah hampir satu bulan tampaknya membuat Pasukan Pertahanan Israel (IDF) frustasi dan mulai menggunakan senjata misterius. Foto/The War Zone/X
TEL AVIV - Perang Israel dan pejuang Hamas yang sudah hampir satu bulan tampaknya membuat Pasukan Pertahanan Israel (IDF) frustasi dan mulai menggunakan senjata misterius. Helikopter serang AH-64 Apache Israel terekam menggunakan rudal Hellfire misterius yang jarang digunakan pasukan militer mana pun.

Dugaan penggunaan senjata yang aneh dan misterius ini sempat terekam dalan unggah di akun resmi X (sebelumnya Twitter), Angkatan Udara Israel. Foto salah satu helikopter Apache AH-64D Israel yang dikenal dengan nama Saraf (ular dalam bahasa Ibrani) menunjukkan rudal udara-ke-darat Hellfire dengan garis merah menonjol yang dicat di tengah.

Kode garis merah ini tidak biasa dengan rudal Hellfire karena kode yang biasa digunakan berupa garis kuning. Kode merah pada rudal Hellfire menjadi menarik perhatian pengamat militer tentang misteri muatan yang ada di dalamnya.



Kecurigaan penggunaan senjata misterius semakin kuat setelah postingan foto yang menunjukkan rudal Hellfire AGM-114 dengan kode merah langsung dihapus oleh Angkatan Udara Israel. Foto yang ditampilkan berubah menjadi helikopter Apache dengan rudal Hellfire kode garis kuning.



“Salah satu rudal Hellfire yang dibawa di stasiun luar sayap sebelah kanan ditandai dengan pita berwarna merah. Hal ini sangat kontras dengan pita kuning yang biasa terlihat pada rudal Hellfire,” tulis laman The War Zone dikutip SINDOnews, Selasa (7/11/2023).



Garis kuning yang terlihat pada rudal Hellfire dan amunisi standar AS lainnya yang diluncurkan dari udara menunjukkan bahwa rudal tersebut mengandung bahan peledak berkekuatan tinggi. Pada dasarnya, ini menandakan senjata aktif yang dilengkapi hulu ledak. Namun, pita merah lebih misterius dan jarang terlihat pada rudal Hellfire.

Berdasarkan tanda amunisi standar AS, pita merah dapat menunjukkan hulu ledak pembakar. Sedangkan warna merah tua pada panel abu-abu menunjukkan bahwa amunisi tersebut mengandung zat iritasi (pengendalian kerusuhan).
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More