7 Fakta Menarik Vaquita, Lumba-lumba Terkecil di Dunia yang Hampir Punah

Sabtu, 03 Februari 2024 - 07:23 WIB
Vaquita hanya ditemukan di ujung utara Teluk California, Meksiko. (Foto: Wikimedia Commons)
JAKARTA - Vaquita adalah spesies lumba-lumba terkecil di dunia yang hanya ditemukan di ujung utara Teluk California, Meksiko. Nama Vaquita diambil dari bahasa Spanyol yang berarti sapi kecil.

Populasinya diperkirakan hanya tersisa sekitar 10 ekor, menjadikannya mamalia laut yang paling terancam punah di dunia. Fauna langka ini adalah spesies lumba-lumba juga berkerabat dekat dengan mamalia laut lainnya seperti paus dan lumba-lumba.

Dilansir dari A-Z Animals, Sabtu (3/2/2024) berikut adalah 7 fakta menarik mengenai Vaquita yang hampir punah:

1. Lumba-lumba terkecil di dunia



Vaquita adalah jenis lumba-lumba yang kecil. Biasanya, beratnya sekitar 60 hingga 120 pon dan panjangnya sekitar 4 hingga 5 kaki. Jantan dewasa biasanya memiliki tinggi sekitar 4,6 kaki, sementara Vaquita betina sedikit lebih besar, mencapai hingga 4,9 kaki. Selain itu, Vaquita memiliki tubuh yang gemuk dan kepala bulat tanpa moncong, yang membuat mereka semakin terlihat berbeda dari lumba-lumba lainnya.





2. Memiliki ciri khas wajah unik



Vaquita adalah jenis lumba-lumba kecil yang memiliki ciri khas wajah unik. Mereka memiliki lingkaran hitam di sekitar mata dan bercak hitam melengkung di bibir atas dan bawah. Vaquita biasanya berwarna abu-abu dengan punggung lebih gelap dan bagian bawah berwarna putih. Bayi vaquita memiliki warna yang lebih gelap daripada yang dewasa.

3. Hewan karnivora



Makanan vaquita kebanyakan adalah cumi-cumi, ikan, dan hewan kecil seperti udang. Makanan favorit mereka adalah ikan yang tinggal di dasar laut seperti croaker dan grunts. Walaupun paus pembunuh dan hiu besar kadang-kadang memangsa vaquita, hal ini tidak menjadi alasan utama mengapa vaquita punah.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More