12 Fakta Menarik Bison, Hewan Asli Amerika

Rabu, 13 Maret 2024 - 15:15 WIB
Bison merupakan salah satu simbol resmi negara Amerika. (Foto: USA Today)
JAKARTA - Sejumlah fakta tentang bison akan membuka cakrawala kita tentang hewan eksotis asal Amerika tersebut. Salah satunya tentang ditetapkannya bison sebagai mamalia nasional sejak 9 Mei 2016. Ia bergabung dengan elang botak sebagai simbol resmi negara.

Pada zaman prasejarah, jutaan bison berkeliaran di Amerika Utara, dari hutan Alaska dan padang rumput Meksiko hingga Great Basin di Nevada dan Pegunungan Appalachian timur. Sejarah mereka terkait erat dengan banyak komunitas suku pribumi.

Tetapi pada akhir abad ke-19, hanya ada beberapa ratus bison tersisa di Amerika Serikat setelah para pemukim Eropa memaksa mereka berpindah ke barat, mengurangi habitat hewan ini dan memburu bison hingga nyaris punah.

Dilansir dari laman US Department of the Interior, Rabu (13/3/2024), jika bukan karena kerja keras sejumlah pihak bersama suku-suku pribumi, pemerintah negara bagian, dan departemen dalam negeri, bison akan punah hari ini.





Berikut deretan fakta menarik hewan bison yang sempat terancam punah :

1. Berukuran raksasa



Bison adalah mamalia terbesar di Amerika Utara. Bison jantan memiliki berat hingga 2.000 pon dan tinggi 6 kaki, sedangkan betina memiliki berat hingga 1.000 pon dan tinggi 4-5 kaki. Bayi bison memiliki berat 30-70 pon saat lahir.

2. Selamat dari kepunahan



Kawanan di Taman Nasional Wind Cave yang tersisa membantu menghidupkan kembali populasi bison di seluruh negara. Kisahnya dimulai pada tahun 1905 dengan pembentukan American Bison Society dan program pembiakan di Kebun Binatang New York City (sekarang Kebun Binatang Bronx).
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More