Mengenal Harta Karun Emas Thracia Kuno, Simbol Kekayaan Balkan

Kamis, 25 Juli 2024 - 21:00 WIB
Harta karun emas Valchitran dipamerkan di museum sejarah Plovdiv. Foto/Public Domain
JAKARTA - Kawasan Balkan memiliki simbol kekayaan berupa harta karun emas Thracia kuno. Emas yang ditemukan di desa Valchitran, Bulgaria pada 1924 menjadisalah satu simbol kekayaan di Balkan . Harta karun ini berasal dari akhir Zaman Perunggu, yaitu abad ke-16 – 12 SM.

Harta karun emas Valchitran ini dipamerkan di museum sejarah Plovdiv dan merupakan harta terbesar yang ditemukan di negara tersebut. Para arkeolog Bulgaria meneliti 13 bejana dengan berbagai ukuran dan bentuk, dengan total berat 12,5 kilogram dan terbuat dari emas dengan campuran alami 9,7 persen perak.

Diperkirakan berasal dari abad ke-13 SM, bejana-bejana ini diyakini sebagai seperangkat bejana ritual suci, terkait dengan kultus Alam, khususnya kultus Matahari.



Harta Karun Emas



Harta emas terbesar yang dikenal oleh arkeologi Bulgaria ditemukan secara kebetulan saat menggali kebun anggur. Terdiri dari 13 barang, antara lain tujuh objek berbentuk tutup dengan diameter berbeda dan pegangan memanjang di tengah yang membuatnya terlihat seperti simbal. Lalu ada empat cangkir berpegangan satu dengan pegangan bengkok ke atas. Salah satu cangkir jauh lebih besar dari tiga lainnya.



Terdapat pula sebuah mangkuk besar dengan pegangan tinggi yang berayun, beratnya lebih dari 4 kilogram. Sebuah bejana rangkap tiga, terdiri dari tiga bagian berbentuk almond yang dihubungkan satu sama lain dengan tabung, dan dengan pegangan dengan tiga cabang membentuk sistem bejana yang saling berhubungan turut melengkapi.

Para arkeolog memperkirakan fungsi artefak-artefak tersebut. Raja-imam Thracia diperkirakan menggunakan bejana-bejana tersebut untuk ritual keagamaan terkait dengan dewa Dionysus yang disembah oleh orang Yunani kuno, serta oleh orang Thracia.

Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More