Ini Daftar Negara Paling Aman dari Kiamat Nuklir, Ternyata Tetangga Indonesia

Minggu, 12 Februari 2023 - 08:49 WIB
loading...
Ini Daftar Negara Paling Aman dari Kiamat Nuklir, Ternyata Tetangga Indonesia
Kiamat nuklir merupakan peristiwa yang paling ditakutkan terjadi belakangan ini. Foto/Futurity
A A A
JAKARTA - Kiamat nuklir adalah skenario yang sangat menakutkan umat manusia. Berkaca dari kejadian di Hiroshima dan Nagasaki di Jepang banyak orang tidak menginginkan perang nuklir terjadi. Apalagi sampai kiamat nuklir.

Namun tidak ada yang pasti di dunia ini. Termasuk potensi besar terjadinya perang nuklir. Saat hal itu terjadi maka satu-satunya upaya yang bisa dilakukan adalah menemukan tempat yang paling aman untuk ditinggali.

Pasalnya dampak yang terjadi dari kiamat nuklir sangat menakutkan. Salah satunya adalah musim dingin panjang akibat pengurangan sinar matahari mendadak atau Abrupt Sunlight Reduction Scenarios (ASRS).

Dari situ kedua peneliti dari Adapt Research dan University of Otago Wellington, Matt Boyd dan Nick Wilson mencari tahu tempat atau negara-negara yang paling aman dari dampak kiamat nuklir jika memang benar-benar terjadi. Negara-negara itu juga diyakini sebagai tempat terbaik untuk memulai lagi peradaban manusia setelah runtuh karena nuklir.

Dari penelitian mereka diketahui negara-negara di wilayah selatan bumi akan selamat dari dampak kiamat nuklir. Basis itu yang membuat mereka tertarik meneliti 38 negara yang ada di wilayah selatan bumi. Termasuk Indonesia ikut diteliti.



Ini Daftar Negara Paling Aman dari Kiamat Nuklir, Ternyata Tetangga Indonesia


Hasilnya tidak semua negara di wilayah selatan bumi mampu jadi wilayah aman dari bencana nuklir. Bberapa negara yang benar-benar aman adalah Australia , Selandia Baru, Kepulauan Solomons dan Vanuatu.

Sebenarnya beberapa di Asia Tenggara seperti Indonesia dan Filipina masuk dalam radar. Hanya saja kondisi penduduk, ketidakstabilan politik, dan geografi membuat Indonesia dan Filipina tidak akan mampu untuk menjadi tempat penampungan pengungsi kiamat nuklir dalam jumlah besar.

"Iklim di Indonesia dan Filipina memiliki dampak yang lebih rendah akibat pernah nuklir. Hanya saja Indonesia memiliki potensi bencana yang sangat besar karena keberadaan gunung berapi besar di dunia Toba dan Tambora," tulis penelitian tersebut.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1657 seconds (0.1#10.140)