Roket Paling Kuat dalam Sejarah, SpaceX Starship Siap Diluncurkan ke Orbit

Selasa, 11 April 2023 - 22:48 WIB
loading...
Roket Paling Kuat dalam Sejarah, SpaceX Starship Siap Diluncurkan ke Orbit
Roket paling kuat yang pernah dibuat dalam sejarah manusia, SpaceX Starship siap diluncurkan pada penerbangan uji orbit pertama. Foto/SpaceX
A A A
TEXAS - Roket paling kuat yang pernah dibuat dalam sejarah manusia, SpaceX Starship siap diluncurkan pada penerbangan uji orbit pertama. Roket SpaceX Starship diharapkan mampu melampaui prestasi megaroket Space Launch System (SLS) NASA yang tercatat sebagai roket paling kuat di dunia dan sukses meluncurkan misi Artemis 1.

Para teknisi telah menyusun roket Starship yang siap berangkat ke luar angkasa di tempat peluncuran orbit di Starbase, fasilitas Texas Selatan milik SpaceX. Susunan roket Starship terdiri prototipe tingkat atas Kapal 24 di atas Booster (roket pendorong) 7 tahap pertama,

Aktivitas semacam itu menyiratkan bahwa Starship sedang dalam persiapan peluncuran. Bahkan pendiri dan CEO SpaceX Elon Musk berulang kali melalui Twitter mengatakan peluncuran segera dilaksanakan. “Peluncuran Starship sekitar minggu ketiga April,” cuit Musk dikutip SINDOnews dari laman Space, Selasa (11/4/2023).



Elon Musk tidak memberikan tanggal peluncuran yang lebih spesifik, tetapi dia menargetkan tanggal 20 April 2023. Namun, SpaceX tidak sepenuhnya mengendalikan jadwal peluncuran karena masih menunggu lisensi peluncuran orbit dari Administrasi Penerbangan Federal AS.

SpaceX mengembangkan roket Starship untuk membawa orang dan kargo ke bulan, Mars, dan sekitarnya. Kendaraan besar ini dirancang untuk dapat digunakan kembali, yang diyakini Elon Musk sebagai terobosan revolusi penerbangan luar angkasa.

Tahap pertama Super Heavy Starship ditenagai oleh 33 mesin Raptor baru SpaceX. Sedangkan pesawat ruang angkasa tingkat atas, yang dikenal sebagai Starship, menggunakan enam Raptor.

Sebanyak 33 unit mesin tahap pertama itu akan menghasilkan daya dorong sekitar 16,5 juta pon saat lepas landas. Ini berarti Starship akan menjadi roket paling kuat dalam sejarah saat berhasil terbang untuk pertama kalinya.



Rekor paling kuat saat ini dipegang oleh megaroket Space Launch System (SLS) NASA, yang menghasilkan daya dorong sekitar 8,8 juta pon saat lepas landas. SLS memulai debutnya pada November 2022, diluncurkan untuk pertama kalinya pada misi bulan Artemis 1 NASA.

Starship juga merupakan roket terbesar yang pernah dibuat, berdiri setinggi 394 kaki atau 120 meter saat disusun sempurna. Tapi Elon Musk mengatakan ukuran itu akan menjadi lebih besar, “Kapal mungkin akan meregang sekitar 10 meter lagi,” cuitnya pada Sabtu 8 April 2023.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4425 seconds (0.1#10.140)