Ilmuwan Ciptakan Replika Kapal Titanic yang Tenggelam di Atlantik dengan Gambar 3D

Kamis, 18 Mei 2023 - 13:48 WIB
loading...
Ilmuwan Ciptakan Replika Kapal Titanic yang Tenggelam di Atlantik dengan Gambar 3D
Ilustrasi replika kapal Titanic 3D. Foto: Istimewa
A A A
JAKARTA - Sejumlah ilmuwan berhasil menciptakan replika digital kapal Titanic yang tenggelam di Atlantik, pada 1912. Replika ini diharapkan dapat membuka rahasia kapal karam paling terkenal di dunia itu.

Dilansir dari Sky News, kapal Titanic tenggelam saat mengangkut sebanyak 1.500 orang dalam perjalanan perdana dari Southampton ke New York.

"Replika digital berukuran penuh pertama dari Titanic telah dibuat, dan para ahli mengatakan itu dapat digunakan untuk membuka rahasia kapal karam paling terkenal di dunia," tulis laman itu, dikutip Kamis (18/5/2023).



Seperti diketahui, kapal Titanic tenggelam setelah menabrak gunung es. Sebanyak 1.500 orang penumpangnya tewas tenggelam. Hingga kini, misteri tenggelamnya kapal Titanic masih dipelajari.

"Gambar digital kapal karam itu dibuat menggunakan pemetaan laut dalam Titanic, yang terletak 3.800m (12.500 kaki) di Atlantik. Sangat terperinci, bahkan nomor seri bilah baling-baling dibuat dalam gambar 3D," jelasnya.

Dan para ahli percaya, bahwa replika digital dapat digunakan oleh para ilmuwan untuk mengerjakan detail baru tentang bagaimana kapal penumpang tenggelam.

Parks Stephenson, seorang ahli Titanic yang telah mempelajari kapal tersebut selama 20 tahun terakhir mengatakan, menggambarkan proyek tersebut sebagai "pengubah permainan sejati".



"Apa yang kami lihat untuk pertama kalinya adalah penggambaran yang akurat dan benar, dari seluruh situs kecelakaan dan puing-puing," paparnya.

Detail ini tidak pernah dilihat sebelumnya dan ini memungkinkan para peneliti untuk membangun semua yang telah dipelajari dalam melihat kecelakaan kapal tersebut.

"Kami memiliki data aktual yang dapat diambil oleh para insinyur untuk memeriksa mekanik sejati di balik perpisahan dan tenggelam, dan dengan demikian semakin dekat dengan kisah nyata bencana Titanic," tukasnya.
(san)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2819 seconds (0.1#10.140)