3 Ilmuwan Rudal Hipersonik Ditangkap atas Tuduhan Pengkhianatan

Jum'at, 19 Mei 2023 - 19:09 WIB
loading...
3 Ilmuwan Rudal Hipersonik Ditangkap atas Tuduhan Pengkhianatan
3 Ilmuwan Rudal Hipersonik Ditangkap atas Tuduhan Pengkhianatan. Foto: Istimewa
A A A
JAKARTA - Tiga ilmuwan Rusia ditangkap atas tuduhan yang sangat serius. Ketiganya adalah Anatoly Maslov, Alexander Shiplyuk dan Valery Zvegintsev.

Dilansir dari NBC News, ketiga ilmuwan itu merupakan karyawan dari Khristianovich Institute of Theoretical and Applied Mechanics, di Kota Siberia Novosibirsk.

"Kremlin mengatakan, para ilmuwan menghadapi tuduhan yang sangat serius. Mereka semua ditahan atas dugaan pengkhianatan tinggi selama setahun terakhir," tulis laman itu, dikutip Jumat (18/5/2023).



Ketiga ilmuwan itu memiliki prestasi akademik yang membanggakan, bahkan memilih untuk tinggal di Rusia dari pada menerima pekerjaan yang dibayar tinggi dan bergengsi di luar negeri.

Media Rusia, Tass melaporkan, Maslov dan Shiplyuk ditangkap pada musim panas lalu dan di Zvegintsev. Sedang Zvegintsev ditahan tiga minggu lalu dan ditahan di rumah.

Shiplyuk diketahui bertanggung jawab atas laboratorium teknologi hipersonik di Institute, yang memiliki instalasi aerodinamis hipersonik untuk mempelajari masalah-masalah mendasar dan terapan penerbangan hipersonik.



Sedang Maslov adalah ahli terkenal di bidang aerogasdynamics. Maslov telah diserahkan kepada hakim di pengadilan St Petersburg. Badan itu mengatakan, kasus Maslov diselidiki oleh FSB, Dinas Rahasia Rusia.

Sementara itu, untuk rincian kasus mereka belum dipublikasikan. Namun, rekan-rekan para ilmuwan mengatakan, ketiganya ditangkap membuat presentasi di konferensi global dan mengambil proyek ilmiah internasional.
(san)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1265 seconds (0.1#10.140)