Virgin Galactic Terbangkan Misi Ruang Angkasa Komersial Pertama Juni Ini

Minggu, 18 Juni 2023 - 10:10 WIB
loading...
Virgin Galactic Terbangkan Misi Ruang Angkasa Komersial Pertama Juni Ini
Pesawat Virgin Galactic. Foto: Istimewa
A A A
JAKARTA - Virgin Galactic Holdings menerbangkan misi ruang angkasa komersial pertamanya Juni ini. Penerbangan yang disebut Galactic 01 itu mengangkut peneliti dari Angkatan Udara dan Dewan Penelitian Nasional Italia.

Penerbangan ini juga akan menandai awal dari operasi komersial untuk Virgin Galactic setelah banyak penundaaan.

Pendiri Virgin Grup Richard Branson mengatakan, penerbangan ini akan membuka jalan bagi ratusan wisatawan ruang angkasa yang sebelumnya telah membeli tiket perjalanan luar angkasa mereka.


"Kami akan menerbangkan Unity Spaceplane VSS dari Spaceport America, di New Meksiko. Galactic 01 Crew akan melakukan percobaan di lingkungan mikro ruang angkasa," katanya, dikutip dari Gulf News, Minggu (18/6/2023).

Setelah misi selesai, Virgin Galactic berencana untuk menindaklanjutinya dengan penerbangan komersial kedua, Galactic 02, pada awal Agustus. Perusahaan berharap untuk menerbangkan misi setiap bulan bergerak maju.

Virgin Galactic tidak mengumumkan kru untuk Galactic 02, tetapi mengisyaratkan penerbangan akhirnya dapat membawa wisatawan yang meletakkan deposito awal di kursi bertahun-tahun yang lalu.

Virgin Galactic baru-baru ini kembali ke Spaceflight setelah hampir dua tahun dengan penerbangan uji yang disebut Unity 25, yang mengirim enam karyawan perusahaan ke Edge of Space and Back.


Penerbangan itu memungkinkan perusahaan untuk melakukan penilaian akhir dari sistem spaceflight penuh dan pengalaman astronot sebelum penerbangan komersialnya.

Perusahaan telah merencanakan operasi komersial sejak terkenal menerbangkan Branson, pendirinya ke luar angkasa pada Juli 2021, tetapi berulang kali mendorong kembali awal saat meningkatkan kendaraan penerbangannya.

Sejauh ini, Virgin Galactic telah menerbangkan VSS Unity ke luar angkasa dan kembali sebanyak lima kali.
(san)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1857 seconds (0.1#10.140)