Sutradara Titanic James Cameron Buka Suara Soal Tragedi Kapal Selam Titan

Jum'at, 23 Juni 2023 - 08:33 WIB
loading...
A A A
Dia mencontohkan pengalamannya saat hendak membuat film Titanic yang diperani oleh Leonardo DiCaprio dan Kate Winslett dan kegiatan penyelaman di Palung Mariana.

Sebelum benar-benar menyelam dengan kapal selam, dia merasa perlu melakukan penelitian yang mendalam. Beberapa di antaranya menurut James Cameron adalah standar keamanan dan material yang digunakan untuk membuat kapal selam.

Bahkan untuk benar-benar yakin dia mengaku melakukan upaya simulasi melalui komputer yang terus-menerus dilakukan.

“Saat itu saya mendesain sebuah kapal selam yang bisa menyelam tiga kali lebih dalam dari lokasi reruntuhan Titanic berada dan saya mengerti ada banyak hal serius yang harus dipertimbangkan saat ingin melakukan observasi bawah laut," ujarnya.

Dia menerangkan sebenarnya teknologi pembuatan kapal selam untuk observasi bawah laut sudah sangat maju. Sudah banyak teknologi canggih dan standar keamanan yang bisa digunakan guna mencegah terjadinya kecelakaan.

Bahkan menurutnya setiap kapal selam observasi bawah laut harus mendapatkan sertifikasi dan melakukan protokol keamanan untuk bisa digunakan. "Keamanan adalah standar paling penting, tidak bisa ditawar-tawar lagi. Saat ini teknologinya sudah sangat matang," tegasnya.

Sutradara Titanic James Cameron Buka Suara Soal Tragedi Kapal Selam Titan

Tragedi Titan menurut dia memang perlu disesali karena peringatan memang sudah dilayangkan ke OceanGate akan rentannya kapal selam mereka. Kondisi kapal selam Titan memang menimbulkan tanda tanya sejak dinyatakan hilang. Banyak yang terkejut karena mengetahui kapal selam itu dikendalikan oleh sebuah joystick buatan Logitech.

Selain itu kapal selam Titan juga tidak bisa dibuka dari dalam oleh para penumpang. Hal itu diyakini sangat tidak ideal jika terjadi kondisi gawat darurat.



Belum lagi soal ketebalan lambung kapal dan sistem komunikasi yang hanya mengandalkan pesan teks. Kapal selam itu sama sekali tidak dibekali dengan global positioning system (GPS) di bawah air.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2576 seconds (0.1#10.140)