Kapal Selam AS Dilaporkan Bertemu Benda Misterius, Bergerak Lebih Cepat dari Suara

Sabtu, 30 Desember 2023 - 21:00 WIB
loading...
Kapal Selam AS Dilaporkan Bertemu Benda Misterius, Bergerak Lebih Cepat dari Suara
Kapal selam USS Hampton milik Amerika Serikat. (Foto: dvidshub)
A A A
JAKARTA - Kapal selam USS Hampton milik Amerika Serikat dilaporkan pernah bertemu objek misterius yang bergerak lebih cepat dari kecepatan suara.

Hal itu diungkap profesor di Virginia Tech dan anggota Institute for Defense Analyses, Bob McGwire. Dia saat itu sedang melakukan pekerjaan terklasifikasi di kapal selam USS Hampton ketika mendengar suara dari sesuatu yang berkelebat.

“Itu hanya berlangsung beberapa detik, Kami sedang berlayar, dan tiba-tiba, saya mendengar suara. Sangat aneh dan jelas bahwa sesuatu melewati kami,” kata McGwire dilansir dari Daily Mail, Sabtu (30/12/2023).

Dia lantas mengecek ke ptugas apa yang dialami dari peralatan kapal selam dan hasilnya sangat mengejutkan. “Sonar kapal menentukan bahwa objek yang tak dikenal tersebut bergerak melalui air lebih cepat dari kecepatan suara,” ujarnya.



Menurut McGwire, kecepatan seperti itu di bawah air seharusnya telah menghancurkan kapal selam, tetapi seolah-olah mereka berdiri diam. McGwire mengatakan ia mendorong personel angkatan laut untuk melaporkan kejadian tersebut, tetapi mereka menyatakan hal itu akan menghambat misi. “Ketika saya pergi dari sana dengan pengetahuan di kepala saya, tanpa disuruh untuk diam, tanpa dikatakan itu terklasifikasi, itu hak saya untuk memberi tahu siapa pun yang saya inginkan,” kata McGwire.

Peristiwa aneh itu terjadi pada akhir tahun 1990an, tetapi McGwire baru-baru ini menceritakan kisah tersebut di saluran YouTube UAP Society. Kisah tersebut juga muncul kembali secara online, menarik perhatian banyak orang di media sosial. McGwire belum membagikan apa yang sedang ia lakukan di kapal selam Angkatan Laut, lokasi, dan kedalaman karena informasi itu terklasifikasi.



Kapal selam serang cepat kelas Los Angeles USS Hampton (SSN 767) ditugaskan ke Submarine Squadron 11 di San Diego, California. McGwire naik ke kapal selam dari lokasi yang tidak diungkapkan dan mengambil gambar sebelum turun ke dasar laut.

Suara bergerak lebih cepat di air, sekitar 3.330 mil per jam karena cairan sekitar 1.000 kali lebih padat daripada udara. Satu-satunya objek buatan manusia yang sebanding adalah torpedo Shkval milik Rusia, tetapi itu pun hanya dapat mencapai kecepatan 230 mil per jam. Sementara hewan laut tercepat adalah ikan layar, yang dapat berenang hingga 68 mil per jam.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2034 seconds (0.1#10.140)