Penerima Nobel Kimia Penemu Baterai Lithium-ion John Goodenough Meninggal Dunia

Selasa, 27 Juni 2023 - 15:37 WIB
loading...
Penerima Nobel Kimia Penemu Baterai Lithium-ion John Goodenough Meninggal Dunia
John Goodenough. Foto: Istimewa
A A A
JAKARTA - John Goodenough, penerima hadiah Nobel Kimia 2019 untuk karyanya mengembangkan baterai lithium-ion, meninggal di usia 100 tahun. Berkat jasanya, dia mengubah teknologi dengan daya isi ulang.

Berkat temuannya itulah, perangkat ponsel, komputer, dan alat pacu jantung, hingga mobil listrik bisa digunakan. Kabar meninggalnya Goodenough diumumkan oleh University of Texas, pada Senin.

Goodenough meninggal pada hari Minggu di Austin. Tidak ada penyebab kematian yang diberikan. Goodenough adalah anggota fakultas di Texas, selama hampir 40 tahun.


Goodenough adalah orang tertua yang menerima hadiah Nobel, ketika dia berbagi penghargaan dengan ilmuwan Amerika kelahiran Inggris M Stanley Whittingham dan Akira Yoshino dari Jepang.

"Hidup sampai 97 dan Anda dapat melakukan apa saja," kata Goodenough, ketika Nobel dianugerahi, dikutip dari laman Fortune, Selasa (26/6/2023).

Penelitian Goodenough membantu membuka kunci revolusi dalam teknologi yang sekarang diterima begitu saja di dunia ponsel portabel saat ini, tablet, dan hal lain dengan port plug-in untuk mengisi ulang.

Baterai lithium-ion adalah baterai pertama yang benar-benar portabel dan isi ulang, dan mereka membutuhkan lebih dari satu dekade untuk dikembangkan.

Pada tahun 2019, dia mengatakan tidak memiliki firasat, bahwa karyanya beberapa dekade yang lalu akan memiliki dampak yang sangat mendalam pada dunia.


"Kami pikir itu akan menyenangkan dan membantu dalam beberapa hal. Tetapi saya tidak pernah bermimpi akan merevolusi elektronik dan yang lainnya," sambung Goodenough.

Goodenough, Whittingham dan Yoshino masing-masing memiliki terobosan unik yang meletakkan dasar untuk mengembangkan baterai yang dapat diisi ulang komersial, dan ketiganya berbagi hadiah Nobel USD900.000.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1401 seconds (0.1#10.140)