Penerima Nobel Kimia Penemu Baterai Lithium-ion John Goodenough Meninggal Dunia

Selasa, 27 Juni 2023 - 15:37 WIB
loading...
A A A
Pekerjaan Whittingham di tahun 1970-an memanfaatkan kecenderungan lithium, logam paling ringan untuk memberikan elektronnya membuat baterai yang mampu menghasilkan lebih dari dua volt.

Pada 1980, Goodenough telah membangun di atas pekerjaan Whittingham dan menggandakan kapasitas baterai menjadi empat volt, dengan menggunakan kobalt oksida di katoda, salah satu dari dua elektroda yang membentuk ujung baterai.

Baterai itu tetap terlalu eksplosif untuk penggunaan komersial umum. Pekerjaan Yoshino pada 1980-an telah menghilangkan lithium murni yang mudah menguap dari baterai dan sebaliknya memilih ion lithium.

"Baterai komersial yang ringan, aman, tahan lama, dan dapat diisi ulang memasuki pasar tahun 1991," tulis laman itu.

John Goodenough lahir di Jena, Jerman, pada tahun 1922. Namun, dia tumbuh di Amerika Serikat dan mendapatkan gelar Ph D dalam kimia di University of Chicago.


Dia memulai karirnya di Massachusetts Institute of Technology, di mana penelitiannya meletakkan dasar untuk pengembangan memori akses acak untuk komputer digital.

Goodenough adalah kepala Laboratorium Kimia Anorganik di Universitas Oxford, Inggris, ketika ia membuat penemuan lithium-ion-nya.

Dia bergabung dengan fakultas Texas pada tahun 1986, dan masih mengajar dan meneliti bahan baterai dan sains solid, serta masalah teknik ketika dia memenangkan hadiah Nobel.

Goodenough dan istrinya Irene mengarungi rumah tangga hingga 70 tahun sampai kematiannya, pada tahun 2016.
(san)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1860 seconds (0.1#10.140)