8 Destinasi Wisata Menarik di Mars yang Bisa Dijelajahi di Masa Depan

Kamis, 03 Agustus 2023 - 12:11 WIB
loading...
A A A
Sebagaimana ukuran Olympus Mons, deretan pegunungan ini lebih besar dari gunung-gunung yang ada di Bumi. Hal ini kemungkinan diakibatkan grafitasi di Mars yang lebih lemah sehingga membuat gunung-gunung menjulang tinggi.
Gunung-gunung berapi ini diperkirakan telah meletus selama dua miliar tahun, atau setengah dari sejarah Mars.

3. Lembah Marineris

8 Destinasi Wisata Menarik di Mars yang Bisa Dijelajahi di Masa Depan


Keindahan Mars tak hanya didominasi deretan gunung api. Planet ini juga memiliki lembah raksasa. Di antaranya lembah Marineris dengan panjang sekira 3.000 Km, menurut NASA. Ukuran lembah Marineris ini sekitar empat kali Grand Canyon, yang memiliki panjang sekitar 800 Km.

4. Kutub Utara dan Selatan di Mars

8 Destinasi Wisata Menarik di Mars yang Bisa Dijelajahi di Masa Depan


Mirip Bumi, planet Mars memiliki dua wilayah es di kutubnya, dengan komposisi yang berbeda. Selama musim dingin, menurut NASA, suhu di dekat kutub utara dan selatan sangat dingin sehingga karbon dioksida mengembun dari atmosfer menjadi es, di permukaan.



Sementara pada musim panas sebaliknya, ketika karbon dioksida menyublim kembali ke atmosfer. Karbon dioksida benar-benar menghilang di belahan bumi utara, meninggalkan lapisan es air. Tetapi beberapa es karbon dioksida tetap berada di atmosfer selatan. Semua pergerakan es ini berdampak besar pada iklim Mars, menghasilkan angin dan efek lainnya.

5. Kawah Gale dan Gunung Sharp (Aeolis Mons)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1475 seconds (0.1#10.140)